PENERAPAN MODEL SINEKTIK PADA MATA PELAJARAN IPS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas VIII SMPN 7 Tambun Selatan Bekasi)

Main Author: Indah Wardatussa’idah, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/2528/1/SKRIPSI%20INDAH.P.IPS.pdf
http://repository.unj.ac.id/2528/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai penerapan model sinektik pada mata pelajaran IPS dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII 6 SMPN 7 Tambun Selatan Bekasi dari bulan Februari sampai bulan April 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratorif dengan guru IPS. Penelitian ini menggunakan tigas siklus, dan setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu : Perencanaan Tindakan (planning), Pelaksanaan Tindakan (acting), Observasi (observing), dan Refleksi (reflecting). Berdasarkan hasil penelitian dari nilai pre test, siklus satu sebanyak 29% (14 siswa) mendapatkan nilai di atas KKM 76, siklus dua sebanyak 52% (25 siswa) mendapatkan nilai di atas KKM 76, siklus tigas sebanyak 68% (33 siswa) mendapatkan nilai di atas KKM 76. Sedangkan hasil nilai post test terjadi peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus satu sebanyak 39% (19 siswa) mendapatkan nilai di atas KKM 76, siklus kedua sebanyak 58% (28 siswa) mendapatkan nilai di atas KKM 76, siklus ketiga sebanyak 79% (38 siswa) mendapatkan nilai di atas KKM 76. Selain itu model sinektik mampu meningkatkan kemampuan sikap positif siswa dalam mengemukakan pendapat dan percaya diri, selain itu meningkatkan kemampuan kreativitas siswa dalam berpikir untuk menyelesaikan pemecahan masalah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model sinektik dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa, sehingga siswa dapat memperoleh hasil belajar IPS yang lebih baik yaitu di atas standar KKM 76.