Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang peningkatan motivasi belajar siswa pada mata Pendidikan Jasmani melalui modifikasi permainan memakai alat. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Ciracas 10 pada bulan Juli 2017, menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 kegiatan utama yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan persentase perolehan data motivasi belajar siswa pada siklus I 60,03%. Pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan yaitu 75,31%. Sedangkan data untuk pemantau tindakan pembelajaran dengan permainan memakai alat pada siklus I 70% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan permainan memakai alat dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani. Kesimpulannya adalah bahwa permainan memakai alat pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani dapat dijadikan cara untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas V SDN Ciracas 10 Jakarta Timur.