PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH MATERI POKOK PENGEMASAN PRODUK PADA MATA PELAJARAN DESAIN MULTIMEDIA DI SMK PGRI 1 BALARAJA KABUPATEN TANGERANG

Main Author: RIZKY ISTIYONO, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/2443/1/00%20FULL%20SKRIPSI_RIZKY%20ISTIYONO_5235107388.pdf
http://repository.unj.ac.id/2443/2/Jurnal_Rizky%20Istiyono_5235107388.pdf
http://repository.unj.ac.id/2443/
ctrlnum 2443
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/2443/</relation><title>PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH&#xD; MATERI POKOK PENGEMASAN PRODUK PADA MATA&#xD; PELAJARAN DESAIN MULTIMEDIA&#xD; DI SMK PGRI 1 BALARAJA KABUPATEN TANGERANG</title><creator>RIZKY ISTIYONO, .</creator><subject>Software, Sistem Informasi Komputer</subject><description>Pendidikan memegang peranan kunci dalam pengembangan sumber daya manusia&#xD; dan insan yang berkualitas. Kemajuan pendidikan di Indonesia secara kuantitas&#xD; cukup menggembirakan, akan tetapi secara kualitas pengembangannya masih&#xD; belum merata. Pada salah satu mata pelajaran kejuruan multimedia, yaitu desain&#xD; multimedia kompetensi dasar menerapkan pengemasan produk multimedia&#xD; interaktif dalam pembelajaran pembentukan desain kemasan, dapat diketahui&#xD; bahwa peserta didik mengalami kendala pada mata pelajaran yang bersangkutan.&#xD; Setelah bertanya kepada peserta didik, terdapat beberapa dari mereka beranggapan&#xD; bahwa pembelajaran pembuatan desain kemasan merupakan mata pelajaran yang&#xD; mereka masih rasa kurang untuk dipahami dan sebagian dari mereka ada yang&#xD; belum mengerti baik dari bahan ajar materi (teori) maupun (video tutorial) yang&#xD; diberikan oleh pendidik sebelum praktik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan&#xD; untuk menghasilkan media pembelajaran berupa video pembelajaran yang&#xD; berbasis flash pada mata pelajaran desain multimedia untuk peserta didik kelas XI&#xD; SMK PGRI 1 Balaraja Kabupaten Tangerang, untuk mengetahui kualitas media&#xD; serta sebagai alat bantu pendidik dalam memberikan materi berupa video&#xD; pembelajaran yang berbasiskan flash dalam pembelajaran pembentukan desain&#xD; kemasan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan&#xD; (Research and Development) dan model pengembangan ADDIE. Subyek&#xD; penelitian yaitu peserta didik kelas XI Multimedia yang diambil sampel secara&#xD; simple random sampling. Data yang diambil adalah kelayakan dari segi materi&#xD; dan media serta tanggapan peserta didik melalui angket atau instrumen.&#xD; Tanggapan ahli menunjukkan media berbasis flash sangat baik dari segi media&#xD; dan bagus dari segi materi. Hasil angket tanggapan peserta didik pada uji coba&#xD; sampel menunjukkan bahwa mayoritas peserta didik memberikan tanggapan&#xD; positif terhadap kegiatan pembelajaran menggunakan media berbasis flash.&#xD; Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa media&#xD; berbasis flash sesuai dan layak diterapkan pada mata pelajaran desain multimedia</description><date>2016-01-27</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2443/1/00%20FULL%20SKRIPSI_RIZKY%20ISTIYONO_5235107388.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2443/2/Jurnal_Rizky%20Istiyono_5235107388.pdf</identifier><identifier> RIZKY ISTIYONO, . (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH MATERI POKOK PENGEMASAN PRODUK PADA MATA PELAJARAN DESAIN MULTIMEDIA DI SMK PGRI 1 BALARAJA KABUPATEN TANGERANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>2443</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author RIZKY ISTIYONO, .
title PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH MATERI POKOK PENGEMASAN PRODUK PADA MATA PELAJARAN DESAIN MULTIMEDIA DI SMK PGRI 1 BALARAJA KABUPATEN TANGERANG
publishDate 2016
isbn 9785235107380
topic Software
Sistem Informasi Komputer
url http://repository.unj.ac.id/2443/1/00%20FULL%20SKRIPSI_RIZKY%20ISTIYONO_5235107388.pdf
http://repository.unj.ac.id/2443/2/Jurnal_Rizky%20Istiyono_5235107388.pdf
http://repository.unj.ac.id/2443/
contents Pendidikan memegang peranan kunci dalam pengembangan sumber daya manusia dan insan yang berkualitas. Kemajuan pendidikan di Indonesia secara kuantitas cukup menggembirakan, akan tetapi secara kualitas pengembangannya masih belum merata. Pada salah satu mata pelajaran kejuruan multimedia, yaitu desain multimedia kompetensi dasar menerapkan pengemasan produk multimedia interaktif dalam pembelajaran pembentukan desain kemasan, dapat diketahui bahwa peserta didik mengalami kendala pada mata pelajaran yang bersangkutan. Setelah bertanya kepada peserta didik, terdapat beberapa dari mereka beranggapan bahwa pembelajaran pembuatan desain kemasan merupakan mata pelajaran yang mereka masih rasa kurang untuk dipahami dan sebagian dari mereka ada yang belum mengerti baik dari bahan ajar materi (teori) maupun (video tutorial) yang diberikan oleh pendidik sebelum praktik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa video pembelajaran yang berbasis flash pada mata pelajaran desain multimedia untuk peserta didik kelas XI SMK PGRI 1 Balaraja Kabupaten Tangerang, untuk mengetahui kualitas media serta sebagai alat bantu pendidik dalam memberikan materi berupa video pembelajaran yang berbasiskan flash dalam pembelajaran pembentukan desain kemasan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dan model pengembangan ADDIE. Subyek penelitian yaitu peserta didik kelas XI Multimedia yang diambil sampel secara simple random sampling. Data yang diambil adalah kelayakan dari segi materi dan media serta tanggapan peserta didik melalui angket atau instrumen. Tanggapan ahli menunjukkan media berbasis flash sangat baik dari segi media dan bagus dari segi materi. Hasil angket tanggapan peserta didik pada uji coba sampel menunjukkan bahwa mayoritas peserta didik memberikan tanggapan positif terhadap kegiatan pembelajaran menggunakan media berbasis flash. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa media berbasis flash sesuai dan layak diterapkan pada mata pelajaran desain multimedia
id IOS7130.2443
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2020-01-07T11:33:06Z
last_indexed 2020-01-07T11:33:06Z
recordtype dc
_version_ 1686502322747736064
score 17.538404