Meningkatkan Sikap Nasionalisme Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dengan Metode Card Sort di Kelas IV SDN Cikini 01 Pagi Jakarta Pusat
Daftar Isi:
- Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan Sikap Nasionalisme Siswa dalam Pembelajaran PPKn dengan Metode Card Sort di Kelas IV SDN Cikini 01 Pagi Jakarta Pusat. Penelitian ini diadakan di SDN Cikini 01 Pagi Jakarta Pusat. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 30 orang. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus dari Stephen Kemmis dan Mc Taggart dengan tiga tahap siklus yaitu tahap perencanaan, tindakan atau observasi, refleksi. Teknik pengambilan data melalui pengamatan atau observasi dan melakukan wawancara, serta pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi atau foto yang diambil pada saat pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi atau foto yang diambil pada saat proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh dari nilai sikap nasionalisme siswa pada siklus I adalah 66% yaitu sebanyak 20 siswa mendapat skor ≥80 dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90% yaitu sebanyak 27 siswa mendapat skor ≥80. Adapun metode card sort untuk tindakan guru siklus I adalah 80% dan siklus II 87,5% . Data yang diperoleh dari proses pembelajaran menggunakan metode card sort untuk tindakan siswa siklus I adalah 82,5% dan siklus II 90%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sikap nasionalisme siswa kelas IV SDN Cikini 01 Pagi Jakarta Pusat dapat ditingkatkan melalui Pembelajaran PPKn berbasis metode card sort. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa metode card sort merupakan salah satu pembelajaran yang dapat meningkatkan sikap nasionalisme siswa di kelas IV SDN Cikini 01 Pagi Jakarta Pusat.