MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK DASAR MENENDANG BOLA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI KELAS V SDN GONDANGDIA 01 JAKARTA PUSAT (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Gondangdia 01 Jakarta Pusat)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar menendang bola melalui pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Gondangdia 01 Jakarta Pusat pada bulan November 2017 sampai dengan Januari 2018 menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari 3 siklus dengan 4 kegiatan utama yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan presentase keterampilan gerak dasar menendang bola meningkat 8% dari 74% pada siklus I menjadi 82% pada siklus II kemudian meningkat 10% dari 82% pada siklus II menjadi 92% pada siklus III. Dari hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa dengan menggunakan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan keterampilan gerak dasar menendang bola pada mata pelajaran pendidikan jasmani. Kesimpulannya adalah bahwa pembelajaran pendidikan jasmani dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat dijadikan cara untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar menendang bola di kelas V SDN Gondangdia 01 Jakarta Pusat.