PENGEMBANGAN MODUL PKN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SISWA KELAS V SD
Daftar Isi:
- Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan modul PKn berbasis pendidikan karakter untuk siswa kelas V SD pada materi peraturan perundang-undangan. Responden dalam pengembangan ini meliputi satu dosen ahli media, satu dosen ahli bahasa, satu dosen ahli materi, peserta didik kelas V sebanyak 9 orang dari SDN Karet 06 Pagi dan 23 orang dari SDN Karet 05 Pagi. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan evaluasi formatif meliputi tahap uji ahli, uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil, dan uji pelaksanaan lapangan. Pada tahap uji ahli, untuk validasi materi produk memperoleh persentase 94%, untuk validasi bahasa memperoleh 95%, dan untuk validasi media memperoleh 86%. Sehingga hasil rata-rata persentase uji ahli memperoleh 92%. Berdasarkan hasil analisis data pada evaluasi formatif siswa diperoleh hasilnya, yaitu one to one dilakukan dengan wawancara, small group 96%, dan field test memperoleh hasil 88%, serta hasil uji keefektifan produk mengalami peningkatan nilai sebesar 29,57. Oleh karena itu, modul PKn berbasis Pendidikan Karakter untuk siswa kelas V SD dengan materi peraturan perundang-undangan memperoleh kriteria sangat baik, efektif dan layak digunakan.