PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK EXAMPLE NON-EXAMPLE PADA BIMBINGAN KLASIKAL TERHADAP PEMAHAMAN KEKERASAN DALAM PACARAN (Studi Kuasi Eksperimen pada Siswa SMP Negeri 7 Tangerang Selatan)
Main Author: | Tartila Azzahra, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/239/1/TARTILA%20AZZAHRA_cover.pdf http://repository.unj.ac.id/239/2/TARTILA%20AZZAHRA_kata%20pengantar.pdf http://repository.unj.ac.id/239/3/TARTILA%20AZZAHRA_1715130295-BK_FIP.pdf http://repository.unj.ac.id/239/ |
Daftar Isi:
- Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik example non-example pada bimbingan klasikal terhadap pemahaman kekerasan dalam pacaran siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Tangerang Selatan. Metode penelitian adalah kuasi eksperimen dengan non-equivalent control group design . Jumlah populasi 267 siswa dan sampel 69 siswa yang diambil menggunakan teknik purposive sampling . Pengumpulan data menggunakan instrumen yang dikembangkan melalui indikator pemahaman yang dikemuka-kan Bloom. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial non parametrik. Pengujian hipotesis menggunakan Mann Whitney U-Test pada aplikasi SPSS versi 16.0. Hasil pengujian didapatkan nilai Sig sebesar 0,000 < α 0,05, maka H0 ditolak karena model pembelajaran kooperatif teknik example non-example berpengaruh signifikan terhadap pemahaman kekerasan dalam pacaran. Hasil perhitungan gain ternormalisasi rata-rata tingkat pemahaman siswa mengenai kekerasan dalam pacaran kelas eksperimen sebesar 0,42 dan berada pada kategori sedang, sedangkan kelas kontrol berada pada kategori rendah yakni 0,10. Oleh sebab itu, guru bimbingan dan konseling dapat memanfaatkan model pembelajaran kooperatif teknik example non-example yang digunakan dalam penelitian ini sebagai salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai kekerasan dalam pacaran.