MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK DASAR MELEMPAR BOLA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI KELAS IV SDN GONDANGDIA 01 JAKARTA PUSAT (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Gondangdia 01 Jakarta Pusat)

Main Author: Isak Pabagai, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/2380/1/COVER.pdf
http://repository.unj.ac.id/2380/2/DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.unj.ac.id/2380/3/BAB%20I.pdf
http://repository.unj.ac.id/2380/4/BAB%20II.pdf
http://repository.unj.ac.id/2380/5/BAB%20III.pdf
http://repository.unj.ac.id/2380/6/BAB%20IV.pdf
http://repository.unj.ac.id/2380/7/BAB%20V.pdf
http://repository.unj.ac.id/2380/
Daftar Isi:
  • Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar melempar bola besar melalui pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Gondangdia 01 Jakarta Pusat pada bulan Maret 2018 sampai April 2018 menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reasearch) yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 kegiatan utama yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan presentase keterampilan gerak dasar melempar bola besar meningkat 8% dari 82% pada siklus I menjadi 88% pada siklus I kemudian meningkat 10% dari 92% menjadi 94% pada siklus II. Dari hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa dengan menggunakan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan keterampilan gerak dasar melempar bola besar pada mata pelajaran pendidikan jasmani dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat dijadikan cara untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar melempar bola besar di kelas IV SDN Gondangdia 01 Jakarta Pusat.