EVALUASI PROGRAM PELATIHAN KETERAMPILAN MENYABLON BAJU TINGKAT DASAR DENGAN MEDIA SETRIKA DAN KERTAS TRANSFER PAPER BAGI PESERTA DIDIK PAKET C DI PKBM NEGERI 34 CIPAYUNG JAKARTA TIMUR

Main Author: Mulya Agung, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/236/1/full.pdf
http://repository.unj.ac.id/236/2/EVALUASI%20PROGRAM%20KETERAMPILAN%20SABLON%20DENGAN%20MEDIA%20SETERIKA.pdf
http://repository.unj.ac.id/236/
Daftar Isi:
  • Evaluasi Program Pelatihan Keterampilan Menyablon Baju Tingkat Dasar Bagi Pesarta Didik Paket C Di PKBM Negeri 34 Cipayung Jakarta Timur Mulya Agung 1515125870 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Program Pelatihan Keterampilan Menyablon Baju Tingkat Dasar Bagi Peserta Didik Paket C di PKBM Negeri 34 Cipayung Jakrta Timur ditinjau dari model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Penelitian menggunakan metode survai. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yaitu peserta pelatihan berjumlah 15 orang. Pengumpulan data menggunakan angket/questioner tertutup yang ditujukan kepada peserta pelatihan. Teknis analisi data yang digunakan adalah teknis analisis data kuantitatif. Hasil uji validitas dan reliabilitas yaitu sebanyak 40 pernyataan dikatakan valid dan reliabilitas tinggi. Nilai efektivitas Program Pelatihan Keterampilan Menyablon Baju Tingkat Dasar ditinjau dengan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) yang diperoleh adalah pada Dimensi Context (konteks) yang terdiri dari identifikasi kebutuhan dan kondisi lingkungan sebesar 70% (Cukup Efektif) karena berada pada rentang 65%-82%, Dimensi Input (masukan) yang terdiri dari tutor pelatihan, peserta pelatihan, sarana dan prasarana, sumber belajar, dan sumber dana sebesar 72,2% (Cukup Efektif) karena berada pada rentang 65%-82%, Dimensi Process (proses) yang terdiri dari aktivitas peserta, aktivitas tutor, dan evaluasi sebesar 69% (Cukup Efektif) karena berada pada rentang 65%-82%, dan Dimensi Product (hasil) yang terdiri dari kompetensi peserta dan sikap peserta sebesar 67% (Cukup Efektif) karena berada pada rentang 65%-82%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pelatihan keterampilan Menyablon Baju Tingkat Dasar Bagi Peserta Didik Paket C di PKBM Negeri 34 Cipayung Jakrta Timur ditinjau dengan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) telah berjalan dengan Cukup Efektif. Kata kunci: Pelatihan, Efektivitas, CIPP (Context, Input, Process, Product)