UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PUKULAN FOREHAND DRIVE PADA OLAHRAGA SQUASH MELALUI VARIASI JARAK TINDAKAN PADA SISWA KELAS VIII SMPN 99 JAKARTA TIMUR
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam melakukan gerakan forehand drive squash melalui variasi jarak tindakan dalam permainan squash. Penelitian dilaksanakan di sekolah SMPN 99 Jakarta Timur, dalam rentang waktu dari bulan 1 Maret s/d 10 Juni 2014. Penelitian ini menggunakan metode classroom action research. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen pedoman observasi dan analisis secara kuantitatif. Sampel yang dipilih menggunakan teknik porposive sampling yaitu sebagian dari siswa SMPN 99 Jakarta Timur dengan jumlah laki-laki 10 orang dan perempuan 10 orang. Penelitian ini menggunakan I siklus pembelajaran sebanyak 4 kali pertemuan tanpa berlanjut pada siklus berikutnya mengingat hasil belajar siswa dimasukan ke dalam tabel statistik penilaian acuan patokan yang dibakukan ke dalam derajat penguasaan nilai akhir. Dapat disimpulkan bahwa hasil dari penelitian ini adalah dengan metode variasi jarak tindakan pembelajaran permainan squash dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap gerakan teknik forehand drive squash, yang dinyatakan 100% benar dalam melakukan gerakan teknik dasar forehand drive squash. Nilai standar siswa keseluruhan 69 dan nilai tertinggi 79. Nilai rata-rata keseluruhannya adalah 74.3. dari hasil evaluasi yang diperoleh siswa terhadap penilaian tahap persiapan, tahap perkenaan, dan gerakan lanjutan (followstrugh).