Daftar Isi:
  • Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa kelas V SDN Cempaka Putih Barat 03 Pagi Jakarta Pusat. Penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang sikap ilmiah dalam pembelajaran IPA melalui mode sains teknologi masyarakat kelas V SDN Cempaka Putih Barat 03 Pagi Jakarta Pusat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Cempaka Putih Barat 03 Pagi Jakarta Pusat yang berjumlah 39 siswa, terdiri dari 21 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Penelitian tindakan ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian tindakan kelas ini melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak II siklus, dimana tiap siklusnya terdiri dari 3 pertemuan. Pada siklus I, hasil data kuesioner sikap ilmiah siswa dengan presentase 66,67%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 87,18%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan dengan model sains teknologi masyarakat dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa kelas V SDN Cempaka Putih Barat 03 Jakarta Pusat. Oleh karena itu, guru perlu mengetahui tingkat sikap imiah siswanya sehingga dapat merancang proses pembelajaran IPA guna meningkatkan sikap imiah siswa.