Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris tentang pengaruh media pembelajaran Buletin Sejarah terhadap hasil belajar sejarah. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Cibinong pada kelas XI selama 6 bulan dari Januari sampai Juni 2018. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS SMA Negeri 1 Cibinong yang berjumlah 116 siswa yang terbagi menjadi tiga kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yang diambil dari populasi terjangkau dengan menggunakan teknik random sampling. Sehingga didapatkan kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalalm penelitian ini berupa soal pilihan ganda sebanyak 60 soal dan diujikan kepada 40 orang. Melalui uji validitas dengan rumus “r Product Moment” hasilnya menunjukkan 35 soal valid dan 25 soal tidak digunakan sedangkan uji reliabilitas dengan rumus Spearman Brown di peroleh rii = 0,940 dengan demikian instrument tersebut dapat digunakan. Uji persyaratan analisis dilakukan melalui uji normalitas dan uji coba homogenitas. Pengujian normalitas dengan uji Liliefors,pada kelas eksperimen diperoleh Lh (0,121) < Lt (0,148) maka sebaran data berdistribusi normal dan pada kelas kontrol diperoleh Lh (0,071) < Lt (0,148) maka sebaran data berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Bartlett dan diperoleh X2 h (0,463) < X2 t (3,84) maka Ho : μ1 ≥ μ2 atau varians homogen. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji t mengahsilkan thitung 4, 274 > ttabel 2,00 pada taraf kepercayaan 95% (α = 0,05), maka Ho ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Buletin Sejarah terhadap hasil belajar sejarah di SMA Negeri 1 Cibinong.