PENGARUH PERMAINAN JUAL BELI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG UANG KELAS III SD (Penelitian Eksperimen di SD Kelas Rendah)
Main Author: | Eka Rahmawati, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/230/1/Eka%20Rahmawati%201615125902.pdf http://repository.unj.ac.id/230/ |
Daftar Isi:
- PENGARUH PERMAINAN JUAL BELI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG UANG KELAS III SEKOLAH DASAR (PENELITIAN EKSPERIMEN DI KELAS RENDAH) EKA RAHMAWATI 1615125902 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika tentang uang antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan kegiatan permainan jual beli dan siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional pada siswa kelas III SD 03 Kebon Kosong Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD 03 Kebon Kosong Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 67 siswa. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas III A sebanyak 15 siswa, dan kelas III B sebanyak 15 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster simple random sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2017-Juni 2017. Data hasil belajar matematika tentang uang siswa dikumpulkan dengan intrumen tes berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 16 soal. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung=13,214 dan ttabel (pada taraf signifikasi α= 0,05) = 2,05. Hal ini berarti bahwa thitung > ttabel, sehingga dapat diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika tentang uang antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan kegiatan permainan jual beli dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa kegiatan jual beli. Dari rata-rata hitung, diketahui rata-rata kelompok eksperimen adalah 14,53 dan rata-rata kelompok kontrol adalah 7,13. Hal ini berarti bahwa rata-rata eksperimen > rata-rata kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan jual beli berpengaruh terhadap hasil belajar matematika tentang uang siswa kelas III sekolah dasar di SD 03 kebon kosong Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat. Kata Kunci: Permainan Jual beli, Hasil Belajar Matematika, Uang