Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data-data empiris mengenai pemanfaatan sumber belajar sejarah dan kelengkapan sumber belajar sejarah di perpustakaan sekolah SMA Negeri 81 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik survei melalui penyebaran angket. Jawaban dari responden dideskripsikan dalam bentuk tabulasi frekuensi atau prosentase yang diperoleh dari penyebaran angket. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIPA dan IPS SMA Negeri 81 Jakarta. Responden penelitian sebesar 25% dari 288 siswa, yaitu sebanyak 72 responden dengan menggunakan propotional random sampling. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan sumber belajar sejarah di perpustakaan sekolah oleh siswa, sebesar 77,78% siswa hanya sesekali menggunakan sumber belajar sejarah untuk pembelajaran dan mengerjakan tugas, selanjutnya sebesar 68.05% siswa menggunakan sumber belajar di perpustakaan hanya saat dibutuhkan, adapun sebanyak 41.67% lebih banyak dibandingkan lainnya siswa menggunakan buku teks sejarah dalam penggunaan sumber belajar. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa memanfaatkan sumber belajar sejarah sebagai pembelajaran hanya saat dibutuhkan saja, yaitu saat setelah guru menginstruksikan untuk mencari sumber di perpustakaan