PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN QUIPPER SCHOOL TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH Studi Eksperimen di SMA Negeri 93 Jakarta
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris tentang pengaruh media pembelajaran Quipper School terhadap hasil belajar sejarah di SMA Negeri 93 Jakarta dimulai pada bulan Januari sampai Juni 2018. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 93 Jakarta yang berjumlah 751 siswa dari 21 kelas, sedangkan populasi terjangkau adalah siswa kelas X MIPA yang berjumlah 144 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yang diambil dari populasi terjangkau dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling sehingga diperoleh kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pilihan ganda sebanyak 60 soal dan diujikan kepada 50 orang di kelas X MIPA 3 dan X MIPA 4. Melalui uji validitas dengan rumus “r Product Moment” hasilnya menunjukkan 42 soal valid dan 18 soal tidak digunakan sedangkan uji reliabilitas dengan rumus “Spearman Brown” diperoleh rii = 0,908, dengan demikian instrumen dapat digunakan dan reliabel. Pengujian normalitas menggunakan uji Lilliefors, pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung (0,085) < Ltabel (0,148) maka sebaran data berdistribusi normal dan pada kelas kontrol diperoleh Lhitung (0,118) < Ltabel (0,148) maka sebaran data berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Bartlett dan diperoleh X2hitung (2,066) < X2tabel (3,84) maka H0 : μ1 ≥ μ2 atau varians homogen. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji-t menghasilkan thitung 5,405 > ttabel 2,00 pada taraf kepercayaan 95% (α = 0,05), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran Quipper School terhadap hasil belajar sejarah di SMA Negeri 93 Jakarta.