ctrlnum 221
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/221/</relation><title>UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN Children Learning In Science (CLIS) PADA SISWA KELAS IV SDN MENTENG ATAS 06 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN</title><creator>Yolanda Lahaghari, .</creator><subject>LB Metode Belajar Mengajar</subject><description>Peneliti tindakan kelas ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan Pemahaman Konsep IPA Melalui Model Pembelajaran Children Learning In Science pada Siswa Kelas IV SDN Menteng Atas 06 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan. Waktu peneliti dilaksankan mulai bulan November sampai dengan bulan Desember 2016 semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA melalui model pembelajaran Children Learning In Science terhadap siswa kelas IV tentang benda dan sifatnya. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV SDN Menteng Atas 06 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus menggunakan prosedur tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil evaluasi membuktikan, setelah dilakukan tindakan pada siklus I pemahaman konsep IPA baru mencapai 54,17% dari jumlah 24 orang siswa sebanyak 13 siswa yang mencapai skor &gt; 70. Sedangkan pada siklus II mencapai 87,50% dari jumlah 24 siswa sebanyak 21 siswa yang sudah mencapai skor hasil belajar &gt; 70. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Children Learning In Science dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA tentang benda dan sifatnya di kelas IV SDN Menteng Atas 06 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan. Implikasi hasil penelitian adalah bahwa jika dalam prosees pembelajaran IPA di kelas diterapkan model pembelajaran Children Learning In Science maka pemahaman konsep siswa akan meningkat.</description><date>2017-02-14</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/221/1/BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/221/2/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/221/3/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/221/4/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/221/5/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/221/6/KATA%20PENGANTAR%20.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/221/7/SURAT%20PERNYATAAN%20KEASLIAN%20SKRIPSI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/221/8/DAFTAR%20ISI%2C%20DAFTAR%20TABEL%2C%20DAFTAR%20LAMPIRAN%2C%20DAFTAR%20GAMBAR%2C%20DAFTAR%20GRAFIK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/221/9/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/221/10/Lembar%20Pengesahan%20Panitia%20Sidang%20Skripsi.pdf</identifier><identifier> Yolanda Lahaghari, . (2017) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN Children Learning In Science (CLIS) PADA SISWA KELAS IV SDN MENTENG ATAS 06 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>221</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Yolanda Lahaghari, .
title UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN Children Learning In Science (CLIS) PADA SISWA KELAS IV SDN MENTENG ATAS 06 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN
publishDate 2017
topic LB Metode Belajar Mengajar
url http://repository.unj.ac.id/221/1/BAB%201.pdf
http://repository.unj.ac.id/221/2/BAB%20II.pdf
http://repository.unj.ac.id/221/3/BAB%20III.pdf
http://repository.unj.ac.id/221/4/BAB%20IV.pdf
http://repository.unj.ac.id/221/5/BAB%20V.pdf
http://repository.unj.ac.id/221/6/KATA%20PENGANTAR%20.pdf
http://repository.unj.ac.id/221/7/SURAT%20PERNYATAAN%20KEASLIAN%20SKRIPSI.pdf
http://repository.unj.ac.id/221/8/DAFTAR%20ISI%2C%20DAFTAR%20TABEL%2C%20DAFTAR%20LAMPIRAN%2C%20DAFTAR%20GAMBAR%2C%20DAFTAR%20GRAFIK.pdf
http://repository.unj.ac.id/221/9/COVER.pdf
http://repository.unj.ac.id/221/10/Lembar%20Pengesahan%20Panitia%20Sidang%20Skripsi.pdf
http://repository.unj.ac.id/221/
contents Peneliti tindakan kelas ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan Pemahaman Konsep IPA Melalui Model Pembelajaran Children Learning In Science pada Siswa Kelas IV SDN Menteng Atas 06 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan. Waktu peneliti dilaksankan mulai bulan November sampai dengan bulan Desember 2016 semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA melalui model pembelajaran Children Learning In Science terhadap siswa kelas IV tentang benda dan sifatnya. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV SDN Menteng Atas 06 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus menggunakan prosedur tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil evaluasi membuktikan, setelah dilakukan tindakan pada siklus I pemahaman konsep IPA baru mencapai 54,17% dari jumlah 24 orang siswa sebanyak 13 siswa yang mencapai skor > 70. Sedangkan pada siklus II mencapai 87,50% dari jumlah 24 siswa sebanyak 21 siswa yang sudah mencapai skor hasil belajar > 70. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Children Learning In Science dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA tentang benda dan sifatnya di kelas IV SDN Menteng Atas 06 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan. Implikasi hasil penelitian adalah bahwa jika dalam prosees pembelajaran IPA di kelas diterapkan model pembelajaran Children Learning In Science maka pemahaman konsep siswa akan meningkat.
id IOS7130.221
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2019-07-23T08:40:33Z
last_indexed 2019-07-23T08:40:33Z
recordtype dc
_version_ 1686502313285386240
score 17.538404