PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN KEBON BAWANG 05 PAGI JAKARTA UTARA

Main Author: Maulida Ulfah, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/220/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.unj.ac.id/220/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan model cooperative learning tipe CIRC dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada siswa kelas IV di SDN Kebon Bawang 05 Pagi Jakarta Utara. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kebon Bawang 05 Pagi Jakarta Utara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV pada semester II tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 40 siswa. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus dari Kemmis dan McTaggart dengan empat tahap setiap siklusnya yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Teknik pengambilan data melalui hasil pemantau tindakan, catatan lapangan, dan tes evaluasi, serta pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi/foto yang diambil pada saat proses pembelajaran. Hasil kemampuan membaca pemahaman yang diperoleh pada siklus I adalah 62,5%, dan siklus II adalah 92,5%. Adapun presentase rata-rata data pemantau tindakan siklus I adalah presntase aktivitas guru sebesar 75,5% dan aktivitas siswa sebesar 68,9%. Presentase rata-rata data pemantau tindakan siklus II adalah presentase aktivitas guru sebesar 97,7% dan presentase aktivitas siswa sebesar 93,3%. Dengan demikian pembelajaran dengan model cooperative learning tipe CIRC dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah melalui model cooperative learning tipe CIRC dalam pembelajaran dapat dijadikan salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Kebon Bawang 05 Pagi Jakarta Utara.