ctrlnum 2161
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/2161/</relation><title>IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PEMELIHARAAN CHASIS DAN PEMINDAH TENAGA DI SMK TERATAI PUTIH JAKARTA</title><creator>Baskoro Adhi Nugroho, .</creator><subject>TL Otomotif, Astronotika</subject><description>Motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran Pemeliharaan Chassis dan Pemindah Tenaga (PCPT) kelas XI-TKR 4 SMK Teratai Putih Jakarta masih tergolong rendah karena model pembelajaran yang diterapkan oleh guru kurang variatif sehingga siswa merasa bosan dan hasil belajar pun rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu metode pembelajaran yaitu metode pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar PCPT kelas XI-TKR 4 SMK Teratai Putih Jakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama satu siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu tahap Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih tiga bulan dari tahap perencanaan sampai dengan tahap refleksi terhitung dari bulan Maret sampai Mei 2018 di SMK Teratai Putih Jakarta. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD ternyata sangat efektif dan mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar PCPT siswa kelas XI-TKR 4 SMK Teratai Putih Jakarta. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase angket motivasi dengan skor rata-rata kelas yang dihasilkan sebesar 78 dan masuk kedalam kategori tinggi dengan rentang persentase yang berada pada 65 &lt; X &lt; 84. Sedangkan untuk Hasil belajar, hasil yang dicapai yaitu semua siswa telah mencapai nilai KKM dengan nilai rata-rata kelas sebesar 85,45.</description><date>2018-08-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2161/1/1%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2161/2/3%20LEMBAR%20PERSETUJUAN%20DAN%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2161/3/4%20LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2161/4/6%20KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2161/5/7%20DAFTAR%20ISI%2C%20TABEL%2C%20GAMBAR%2C%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2161/6/BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2161/7/BAB%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2161/8/BAB%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2161/9/BAB%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2161/10/BAB%205.pdf</identifier><identifier> Baskoro Adhi Nugroho, . (2018) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PEMELIHARAAN CHASIS DAN PEMINDAH TENAGA DI SMK TERATAI PUTIH JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>2161</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Baskoro Adhi Nugroho, .
title IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PEMELIHARAAN CHASIS DAN PEMINDAH TENAGA DI SMK TERATAI PUTIH JAKARTA
publishDate 2018
topic TL Otomotif
Astronotika
url http://repository.unj.ac.id/2161/1/1%20COVER.pdf
http://repository.unj.ac.id/2161/2/3%20LEMBAR%20PERSETUJUAN%20DAN%20PENGESAHAN.pdf
http://repository.unj.ac.id/2161/3/4%20LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf
http://repository.unj.ac.id/2161/4/6%20KATA%20PENGANTAR.pdf
http://repository.unj.ac.id/2161/5/7%20DAFTAR%20ISI%2C%20TABEL%2C%20GAMBAR%2C%20LAMPIRAN.pdf
http://repository.unj.ac.id/2161/6/BAB%201.pdf
http://repository.unj.ac.id/2161/7/BAB%202.pdf
http://repository.unj.ac.id/2161/8/BAB%203.pdf
http://repository.unj.ac.id/2161/9/BAB%204.pdf
http://repository.unj.ac.id/2161/10/BAB%205.pdf
http://repository.unj.ac.id/2161/
contents Motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran Pemeliharaan Chassis dan Pemindah Tenaga (PCPT) kelas XI-TKR 4 SMK Teratai Putih Jakarta masih tergolong rendah karena model pembelajaran yang diterapkan oleh guru kurang variatif sehingga siswa merasa bosan dan hasil belajar pun rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu metode pembelajaran yaitu metode pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar PCPT kelas XI-TKR 4 SMK Teratai Putih Jakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama satu siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu tahap Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih tiga bulan dari tahap perencanaan sampai dengan tahap refleksi terhitung dari bulan Maret sampai Mei 2018 di SMK Teratai Putih Jakarta. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD ternyata sangat efektif dan mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar PCPT siswa kelas XI-TKR 4 SMK Teratai Putih Jakarta. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase angket motivasi dengan skor rata-rata kelas yang dihasilkan sebesar 78 dan masuk kedalam kategori tinggi dengan rentang persentase yang berada pada 65 < X < 84. Sedangkan untuk Hasil belajar, hasil yang dicapai yaitu semua siswa telah mencapai nilai KKM dengan nilai rata-rata kelas sebesar 85,45.
id IOS7130.2161
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2019-07-23T08:41:23Z
last_indexed 2019-07-23T08:41:23Z
recordtype dc
_version_ 1686502320848764928
score 17.538404