Daftar Isi:
  • Enjoyment dan hasil belajar pada mata pelajaran kelistrikan kelas XI-TKR SMK Teratai Putih Global 1 Bekasi masih tergolong rendah karena model pembelajaran yang diterapkan oleh guru kurang variatif sehingga siswa merasa bosan dan hasil belajar pun rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu metode pembelajaran yaitu metode pembelajaran problem base learning (PBL) dan dapat dilihat pengaruhnya dengan enjoyment siswa pada saat belajar dikelas dengan menggunakan metode tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh atau tidaknya metode pembelajaran yang digunakan dengan enjoyment siswa pada saat belajar dikelas. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen yang dilakukan selama 4 pertemuan. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih satu bulan di SMK Teratai Putih Global 1 Bekasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan metode pembelajaran problem base learning ternyata efektif dan mampu meningkatkan hasil belajar kelistrikan siswa kelas XI-TKR di SMK Teratai Putih Global 1 Bekasi. Hal ini dapat dilihat dari hasil post test dengan rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dan ternyata adanya pengaruh enjoyment yang dimiliki siswa pada saat belajar menggunakan metode tersebut. dengan skor rata-rata kelas yang dihasilkan sebesar 79,9 pada kelas eksperimen dan hasil angket 71 % yang masuk kedalam kategori tinggi dengan rentang persentase yang berada pada 65 < X < 84.