Pengaruh Penggunaan Permainan Bahasa Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 24 Jakarta Timur

Main Author: Syifa Fauziah, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/2127/1/Skripsi%20FULL%20Syifa%20Fauziah.pdf
http://repository.unj.ac.id/2127/
ctrlnum 2127
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/2127/</relation><title>Pengaruh Penggunaan Permainan Bahasa Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 24 Jakarta Timur</title><creator>Syifa Fauziah, .</creator><subject>PK Bahasa Arab</subject><description>Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 24 Jakarta Timur pada semester I Tahun Ajaran 2017-2018, yang dimulai dari bulan Oktober hingga Desember 2017 dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik permainan bahasa terhadap hasil belajar Bahasa Arab pada siswa MTs Negeri 24 Jakarta Timur. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode eksperimen. Dengan populasi penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 24 Jakarta Timur, dan sampelnya adalah siswa kelas VIII-6 yang merupakan kelas kontrol terdiri dari 35 siswa dan kelas VIII-7 yang merupakan kelas eksperimen terdiri dari 35 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang dibutuhkan. Instrumen yang digunakan adalah penilaian akhir semester yang berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji hipotesis yang digunakan yakni uji-t pada derajat kepercayaan = 0,05. Sebelum dilakukan uji hipotesis, dilakukan uji persyaratan analisis yaitu Uji Normalitas dan Uji Homogenitas. Uji Normalitas memiliki data berdistribusi normal dengan hasil kelas eksperimen Lhitung = 0,069 &lt; Ltabel = 0,150 dan pada kelas kontrol Lhitung = 0,092 &lt; Ltabel = 0,150. Berdasarkan hasil uji homogenitas dengan uji Bartlet diperoleh X2hitung = 0,125 &lt; X2tabel = 88,25 dengan derajat kepercayaan 0,05 maka diperoleh data tersebut Homogen. Setelah dilakukan perhitungan maka nilai t-hitung yang diperoleh dari derajat kepercayaan 0,05 adalah 2,698 sedangkan nilai t-tabel adalah 1,667 untuk derajat kebebasan (dk=68). Karena t-hitung yang diperoleh lebih besar dari nilai ttabel maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis penelitian diterima (H1). Artinya terdapat pengaruh penggunaan permainan bahasa terhadap hasil belajar Bahasa Arab pada siswa MTs Negeri 24 Jakarta Timur. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap siswa yang diajarkan menggunakan permainan bahasa dibandingkan dengan siswa yang tidak diajarkan menggunakan permainan bahasa karena menimbulkan lingkungan yang menyenangkan sehingga membuat siswa lebih aktif dalam menerima pelajaran, membuat siswa lebih memahami pelajaran dengan mempraktikannya dalam permainan yang dapat mengasah empat keterampilan berbahasa mereka melalui permainan bahasa tersebut. Untuk itu, guru sebaiknya menggunakan permainan bahasa yang sesuai dengan materi dan kegiatan belajar mengajar seperti permainan Lomba Cerdas Cermat, permainan Menyusun Kalimat, dan permainan Bisik Berantai.</description><date>2018-01-30</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2127/1/Skripsi%20FULL%20Syifa%20Fauziah.pdf</identifier><identifier> Syifa Fauziah, . (2018) Pengaruh Penggunaan Permainan Bahasa Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 24 Jakarta Timur. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>2127</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Syifa Fauziah, .
title Pengaruh Penggunaan Permainan Bahasa Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 24 Jakarta Timur
publishDate 2018
topic PK Bahasa Arab
url http://repository.unj.ac.id/2127/1/Skripsi%20FULL%20Syifa%20Fauziah.pdf
http://repository.unj.ac.id/2127/
contents Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 24 Jakarta Timur pada semester I Tahun Ajaran 2017-2018, yang dimulai dari bulan Oktober hingga Desember 2017 dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik permainan bahasa terhadap hasil belajar Bahasa Arab pada siswa MTs Negeri 24 Jakarta Timur. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode eksperimen. Dengan populasi penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 24 Jakarta Timur, dan sampelnya adalah siswa kelas VIII-6 yang merupakan kelas kontrol terdiri dari 35 siswa dan kelas VIII-7 yang merupakan kelas eksperimen terdiri dari 35 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang dibutuhkan. Instrumen yang digunakan adalah penilaian akhir semester yang berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji hipotesis yang digunakan yakni uji-t pada derajat kepercayaan = 0,05. Sebelum dilakukan uji hipotesis, dilakukan uji persyaratan analisis yaitu Uji Normalitas dan Uji Homogenitas. Uji Normalitas memiliki data berdistribusi normal dengan hasil kelas eksperimen Lhitung = 0,069 < Ltabel = 0,150 dan pada kelas kontrol Lhitung = 0,092 < Ltabel = 0,150. Berdasarkan hasil uji homogenitas dengan uji Bartlet diperoleh X2hitung = 0,125 < X2tabel = 88,25 dengan derajat kepercayaan 0,05 maka diperoleh data tersebut Homogen. Setelah dilakukan perhitungan maka nilai t-hitung yang diperoleh dari derajat kepercayaan 0,05 adalah 2,698 sedangkan nilai t-tabel adalah 1,667 untuk derajat kebebasan (dk=68). Karena t-hitung yang diperoleh lebih besar dari nilai ttabel maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis penelitian diterima (H1). Artinya terdapat pengaruh penggunaan permainan bahasa terhadap hasil belajar Bahasa Arab pada siswa MTs Negeri 24 Jakarta Timur. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap siswa yang diajarkan menggunakan permainan bahasa dibandingkan dengan siswa yang tidak diajarkan menggunakan permainan bahasa karena menimbulkan lingkungan yang menyenangkan sehingga membuat siswa lebih aktif dalam menerima pelajaran, membuat siswa lebih memahami pelajaran dengan mempraktikannya dalam permainan yang dapat mengasah empat keterampilan berbahasa mereka melalui permainan bahasa tersebut. Untuk itu, guru sebaiknya menggunakan permainan bahasa yang sesuai dengan materi dan kegiatan belajar mengajar seperti permainan Lomba Cerdas Cermat, permainan Menyusun Kalimat, dan permainan Bisik Berantai.
id IOS7130.2127
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2019-07-23T08:41:23Z
last_indexed 2019-07-23T08:41:23Z
recordtype dc
_version_ 1686502320733421568
score 17.538404