Pengaruh Penggunaan Permainan Bahasa Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 24 Jakarta Timur
Main Author: | Syifa Fauziah, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/2127/1/Skripsi%20FULL%20Syifa%20Fauziah.pdf http://repository.unj.ac.id/2127/ |
ctrlnum |
2127 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/2127/</relation><title>Pengaruh Penggunaan Permainan Bahasa Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 24 Jakarta Timur</title><creator>Syifa Fauziah, .</creator><subject>PK Bahasa Arab</subject><description>Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 24 Jakarta Timur pada semester I Tahun Ajaran 2017-2018, yang dimulai dari bulan Oktober hingga Desember 2017 dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik permainan bahasa terhadap hasil belajar Bahasa Arab pada siswa MTs Negeri 24 Jakarta Timur. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode eksperimen. Dengan populasi penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 24 Jakarta Timur, dan sampelnya adalah siswa kelas VIII-6 yang merupakan kelas kontrol terdiri dari 35 siswa dan kelas VIII-7 yang merupakan kelas eksperimen terdiri dari 35 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang dibutuhkan. Instrumen yang digunakan adalah penilaian akhir semester yang berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji hipotesis yang digunakan yakni uji-t pada derajat kepercayaan = 0,05. Sebelum dilakukan uji hipotesis, dilakukan uji persyaratan analisis yaitu Uji Normalitas dan Uji Homogenitas. Uji Normalitas memiliki data berdistribusi normal dengan hasil kelas eksperimen Lhitung = 0,069 < Ltabel = 0,150 dan pada kelas kontrol Lhitung = 0,092 < Ltabel = 0,150. Berdasarkan hasil uji homogenitas dengan uji Bartlet diperoleh X2hitung = 0,125 < X2tabel = 88,25 dengan derajat kepercayaan 0,05 maka diperoleh data tersebut Homogen. Setelah dilakukan perhitungan maka nilai t-hitung yang diperoleh dari derajat kepercayaan 0,05 adalah 2,698 sedangkan nilai t-tabel adalah 1,667 untuk derajat kebebasan (dk=68). Karena t-hitung yang diperoleh lebih besar dari nilai ttabel maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis penelitian diterima (H1). Artinya terdapat pengaruh penggunaan permainan bahasa terhadap hasil belajar Bahasa Arab pada siswa MTs Negeri 24 Jakarta Timur. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap siswa yang diajarkan menggunakan permainan bahasa dibandingkan dengan siswa yang tidak diajarkan menggunakan permainan bahasa karena menimbulkan lingkungan yang menyenangkan sehingga membuat siswa lebih aktif dalam menerima pelajaran, membuat siswa lebih memahami pelajaran dengan mempraktikannya dalam permainan yang dapat mengasah empat keterampilan berbahasa mereka melalui permainan bahasa tersebut. Untuk itu, guru sebaiknya menggunakan permainan bahasa yang sesuai dengan materi dan kegiatan belajar mengajar seperti permainan Lomba Cerdas Cermat, permainan Menyusun Kalimat, dan permainan Bisik Berantai.</description><date>2018-01-30</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2127/1/Skripsi%20FULL%20Syifa%20Fauziah.pdf</identifier><identifier> Syifa Fauziah, . (2018) Pengaruh Penggunaan Permainan Bahasa Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 24 Jakarta Timur. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>2127</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Syifa Fauziah, . |
title |
Pengaruh Penggunaan Permainan Bahasa Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 24 Jakarta Timur |
publishDate |
2018 |
topic |
PK Bahasa Arab |
url |
http://repository.unj.ac.id/2127/1/Skripsi%20FULL%20Syifa%20Fauziah.pdf http://repository.unj.ac.id/2127/ |
contents |
Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 24 Jakarta Timur pada semester I Tahun Ajaran 2017-2018, yang dimulai dari bulan Oktober hingga Desember 2017 dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik permainan bahasa terhadap hasil belajar Bahasa Arab pada siswa MTs Negeri 24 Jakarta Timur. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode eksperimen. Dengan populasi penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 24 Jakarta Timur, dan sampelnya adalah siswa kelas VIII-6 yang merupakan kelas kontrol terdiri dari 35 siswa dan kelas VIII-7 yang merupakan kelas eksperimen terdiri dari 35 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang dibutuhkan. Instrumen yang digunakan adalah penilaian akhir semester yang berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji hipotesis yang digunakan yakni uji-t pada derajat kepercayaan = 0,05. Sebelum dilakukan uji hipotesis, dilakukan uji persyaratan analisis yaitu Uji Normalitas dan Uji Homogenitas. Uji Normalitas memiliki data berdistribusi normal dengan hasil kelas eksperimen Lhitung = 0,069 < Ltabel = 0,150 dan pada kelas kontrol Lhitung = 0,092 < Ltabel = 0,150. Berdasarkan hasil uji homogenitas dengan uji Bartlet diperoleh X2hitung = 0,125 < X2tabel = 88,25 dengan derajat kepercayaan 0,05 maka diperoleh data tersebut Homogen. Setelah dilakukan perhitungan maka nilai t-hitung yang diperoleh dari derajat kepercayaan 0,05 adalah 2,698 sedangkan nilai t-tabel adalah 1,667 untuk derajat kebebasan (dk=68). Karena t-hitung yang diperoleh lebih besar dari nilai ttabel maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis penelitian diterima (H1). Artinya terdapat pengaruh penggunaan permainan bahasa terhadap hasil belajar Bahasa Arab pada siswa MTs Negeri 24 Jakarta Timur. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap siswa yang diajarkan menggunakan permainan bahasa dibandingkan dengan siswa yang tidak diajarkan menggunakan permainan bahasa karena menimbulkan lingkungan yang menyenangkan sehingga membuat siswa lebih aktif dalam menerima pelajaran, membuat siswa lebih memahami pelajaran dengan mempraktikannya dalam permainan yang dapat mengasah empat keterampilan berbahasa mereka melalui permainan bahasa tersebut. Untuk itu, guru sebaiknya menggunakan permainan bahasa yang sesuai dengan materi dan kegiatan belajar mengajar seperti permainan Lomba Cerdas Cermat, permainan Menyusun Kalimat, dan permainan Bisik Berantai. |
id |
IOS7130.2127 |
institution |
Universitas Negeri Jakarta |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id |
institution_id |
257 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta) |
library_id |
2392 |
collection |
repository unj |
repository_id |
7130 |
subject_area |
pendidikan education perpustakaan keguruan |
city |
JAKARTA TIMUR |
province |
DKI JAKARTA |
repoId |
IOS7130 |
first_indexed |
2019-07-23T08:41:23Z |
last_indexed |
2019-07-23T08:41:23Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686502320733421568 |
score |
17.538404 |