PENGARUH PERMAINAN TEXTPUZZLE TERHADAP HASIL KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI SUB TEMA MEINE FAMILIE DI SMA NEGERI 32 JAKARTA

Main Author: Rumondang Lubis, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/2111/1/ABSTRAK%20SAMPAI%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://repository.unj.ac.id/2111/2/BAB%201-5.pdf
http://repository.unj.ac.id/2111/3/COVER%20.pdf
http://repository.unj.ac.id/2111/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris yang valid tentang pengaruh permainan Textpuzzle terhadap hasil keterampilan membaca bahasa Jerman siswa subtema Meine Familie. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 32 Jakarta pada kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan penelitian diketahui, bahwa t-hitung pretest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0,08 dengan t-tabel pada taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan (dk) 68 adalah 1,668. Hasil perhitungan tersebut memperlihatkan, bahwa t-hitung hasil pretest lebih kecil dari t-tabel, hal ini dapat diartikan tidak ada perbedaan hasil pretest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan t-hitung posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 2,026. Hasil perhitungan tersebut memperlihatkan, bahwa t-hitung hasil posttest lebih besar dari t-tabel. Hal tersebut menunjukan ada perbedaan hasil posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, sehingga hipotesis penelitian ini diterima. Penelitian ini menunjukkan, bahwa ada pengaruh penggunaan Textpuzzle terhadap keterampilan membaca bahasa Jerman subtema Meine Familie siswa SMA kelas XI. Hasil penelitian ini dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam melatih keterampilan membaca bahasa Jerman siswa, karena penggunaan Textpuzzle dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa.