Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab dengan Penggunaan Media Kartu Kuartet pada Siswa Kleas VIII MTs Negeri 31 Jakarta

Main Author: Putri Humaeroh, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/2092/1/SKRIPSI%20PUTRI%20HUMAEROH.pdf
http://repository.unj.ac.id/2092/
ctrlnum 2092
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/2092/</relation><title>Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab dengan Penggunaan Media Kartu Kuartet pada Siswa Kleas VIII MTs Negeri 31 Jakarta</title><creator>Putri Humaeroh, .</creator><subject>PK Bahasa Arab</subject><description>Penelitian dilaksanakan di MTs Negeri 31 Jakarta pada bulan Agustus - Oktober 2017 dengan tujuan penelitian ini untuk melihat peningkatan hasil belajar bahasa Arab dengan Media Kartu Kuartet. &#xD; Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan pada siswa-siswi MTs Negeri 31 Jakarta kelas VIII-3. Pengukuran peningkatan hasil belajar dilaksanakan di akhir kegiatan penelitian dengan memberikan tes dalam bentuk tertulis yang diberikan oleh guru. &#xD; Penelitian Tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan metode siklus dari Stephen Kemmis &amp; Robin Mc Taggart. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan melalui empat tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. &#xD; Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan Media Kartu Kuartet dengan teknik permainan dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VIII-3 MTs Negeri 31 Jakarta. Hal ini terbukti dari perolehan hasil belajar siswa yang meningkat. Hasil belajar siswa yang ada pada saat ujian siklus I yaitu dengan nilai rata-rata siswa 73,14 dan 20 orang siswa berhasil mencapai nilai kkm dengan persentase 58 %, sedangkan hasil yang diharapkan adalah 80% dari seluruh siswa. Pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 84,20 dan 32 orang siswa berhasil mencapai nilai KKM dengan persentase 94%. Dapat ditemukan peningkatan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Negeri 31 Jakarta dengan Media Kartu Kuartet yaitu 8,4. &#xD; Berdasarkan hasil penelitian diatas, diketahui bahwa Media Kartu Kuartet dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Negeri 31 Jakarta. &#xD; Implikasi penelitian tindak kelas ini bahwa Media Kartu Kuartet dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Arab dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs sehingga siswa menjadi lebih memahami pembelajaran bahasa Arab.</description><date>2018-01-31</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2092/1/SKRIPSI%20PUTRI%20HUMAEROH.pdf</identifier><identifier> Putri Humaeroh, . (2018) Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab dengan Penggunaan Media Kartu Kuartet pada Siswa Kleas VIII MTs Negeri 31 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>2092</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Putri Humaeroh, .
title Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab dengan Penggunaan Media Kartu Kuartet pada Siswa Kleas VIII MTs Negeri 31 Jakarta
publishDate 2018
topic PK Bahasa Arab
url http://repository.unj.ac.id/2092/1/SKRIPSI%20PUTRI%20HUMAEROH.pdf
http://repository.unj.ac.id/2092/
contents Penelitian dilaksanakan di MTs Negeri 31 Jakarta pada bulan Agustus - Oktober 2017 dengan tujuan penelitian ini untuk melihat peningkatan hasil belajar bahasa Arab dengan Media Kartu Kuartet. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan pada siswa-siswi MTs Negeri 31 Jakarta kelas VIII-3. Pengukuran peningkatan hasil belajar dilaksanakan di akhir kegiatan penelitian dengan memberikan tes dalam bentuk tertulis yang diberikan oleh guru. Penelitian Tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan metode siklus dari Stephen Kemmis & Robin Mc Taggart. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan melalui empat tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan Media Kartu Kuartet dengan teknik permainan dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VIII-3 MTs Negeri 31 Jakarta. Hal ini terbukti dari perolehan hasil belajar siswa yang meningkat. Hasil belajar siswa yang ada pada saat ujian siklus I yaitu dengan nilai rata-rata siswa 73,14 dan 20 orang siswa berhasil mencapai nilai kkm dengan persentase 58 %, sedangkan hasil yang diharapkan adalah 80% dari seluruh siswa. Pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 84,20 dan 32 orang siswa berhasil mencapai nilai KKM dengan persentase 94%. Dapat ditemukan peningkatan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Negeri 31 Jakarta dengan Media Kartu Kuartet yaitu 8,4. Berdasarkan hasil penelitian diatas, diketahui bahwa Media Kartu Kuartet dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Negeri 31 Jakarta. Implikasi penelitian tindak kelas ini bahwa Media Kartu Kuartet dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Arab dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs sehingga siswa menjadi lebih memahami pembelajaran bahasa Arab.
id IOS7130.2092
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2019-07-23T08:41:19Z
last_indexed 2019-07-23T08:41:19Z
recordtype dc
_version_ 1686502320613883904
score 17.538404