ctrlnum 2065
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/2065/</relation><title>PENGARUH PENGGUNAAN PERMAINAN S&#xC4;TZE ERWEITERN TERHADAP HASIL KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN SISWA SMA KELAS XI SUBTEMA MEINE FAMILIE</title><creator>Maharani Siswanto, .</creator><subject>PL Bahasa Jerman</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan permainan S&#xE4;tze erweitern terhadap hasil keterampilan menulis bahasa Jerman siswa SMA kelas XI subtema Meine Familie. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 75 Jakarta kelas XI pada semester gasal tahun pelajaran 2016/2017. Metode penelitian, yaitu kuantitatif dengan desain penelitian Pretest dan Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ialah siswa SMA kelas XI yang mendapatkan pelajaran bahasa Jerman. Sampel yang diteliti diambil secara acak sederhana (Simple Random Sampling) terdiri dari satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes berupa menulis surat dalam bahasa Jerman seputar subtema Meine Familie yang diambil dari buku Kontakte Deutsch 2 yang sudah teruji validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil penelitian diketahui bahwa t-hitung Pretest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0,807 dengan t-tabel pada taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan (dk) 58 adalah 1,671. Hasil penghitungan tersebut memperlihatkan bahwa t-hitung hasil Pretest lebih kecil dari t-tabel. Sedangkan t-hitung Posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 4, 520. Hasil penghitungan tersebut memperlihatkan bahwa t-hitung hasil Posttest lebih besar dari t-tabel. Hal tersebut menunjukkan ada perbedaan hasil Posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan permainan S&#xE4;tze erweitern terhadap hasil keterampilan menulis bahasa Jerman siswa SMA kelas XI subtema Meine Familie.</description><date>2017-11-03</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2065/1/BAB%201%20%26%20BAB%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2065/2/BAB%20III%20s.d%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2065/3/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2065/4/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2065/5/KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2065/6/Lembar%20Pengesahan%20dan%20Lembar%20Pernyataan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/2065/7/ZUSAMMENFASSUNG.pdf</identifier><identifier> Maharani Siswanto, . (2017) PENGARUH PENGGUNAAN PERMAINAN S&#xC4;TZE ERWEITERN TERHADAP HASIL KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN SISWA SMA KELAS XI SUBTEMA MEINE FAMILIE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>2065</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Maharani Siswanto, .
title PENGARUH PENGGUNAAN PERMAINAN SÄTZE ERWEITERN TERHADAP HASIL KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN SISWA SMA KELAS XI SUBTEMA MEINE FAMILIE
publishDate 2017
topic PL Bahasa Jerman
url http://repository.unj.ac.id/2065/1/BAB%201%20%26%20BAB%202.pdf
http://repository.unj.ac.id/2065/2/BAB%20III%20s.d%20BAB%20V.pdf
http://repository.unj.ac.id/2065/3/COVER.pdf
http://repository.unj.ac.id/2065/4/DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.unj.ac.id/2065/5/KATA%20PENGANTAR.pdf
http://repository.unj.ac.id/2065/6/Lembar%20Pengesahan%20dan%20Lembar%20Pernyataan.pdf
http://repository.unj.ac.id/2065/7/ZUSAMMENFASSUNG.pdf
http://repository.unj.ac.id/2065/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan permainan Sätze erweitern terhadap hasil keterampilan menulis bahasa Jerman siswa SMA kelas XI subtema Meine Familie. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 75 Jakarta kelas XI pada semester gasal tahun pelajaran 2016/2017. Metode penelitian, yaitu kuantitatif dengan desain penelitian Pretest dan Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ialah siswa SMA kelas XI yang mendapatkan pelajaran bahasa Jerman. Sampel yang diteliti diambil secara acak sederhana (Simple Random Sampling) terdiri dari satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes berupa menulis surat dalam bahasa Jerman seputar subtema Meine Familie yang diambil dari buku Kontakte Deutsch 2 yang sudah teruji validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil penelitian diketahui bahwa t-hitung Pretest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0,807 dengan t-tabel pada taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan (dk) 58 adalah 1,671. Hasil penghitungan tersebut memperlihatkan bahwa t-hitung hasil Pretest lebih kecil dari t-tabel. Sedangkan t-hitung Posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 4, 520. Hasil penghitungan tersebut memperlihatkan bahwa t-hitung hasil Posttest lebih besar dari t-tabel. Hal tersebut menunjukkan ada perbedaan hasil Posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan permainan Sätze erweitern terhadap hasil keterampilan menulis bahasa Jerman siswa SMA kelas XI subtema Meine Familie.
id IOS7130.2065
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2019-07-23T08:41:19Z
last_indexed 2019-07-23T08:41:19Z
recordtype dc
_version_ 1686502320523706368
score 17.538404