MENINGKATKAN MINAT DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI NUSANTARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIG SAW SISWA LAKI-LAKI KELAS III SDN TUGU UTARA 09 PAGI JAKARTA UTARA
Main Author: | SABRINA, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/2063/1/Jurnal%20Skripsi.pdf http://repository.unj.ac.id/2063/2/Skripsi%202014.pdf http://repository.unj.ac.id/2063/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa pada pelajaran menari laki-laki menggunakan model objek Jig Saw dengan siswa laki-laki kelas tiga sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan pada bulan Oktober 2014 hingga Desember 2014 di Tugu Utara SDN 09 Pagi Jakarta Utara menggunakan metode penelitian tindakan dengan jumlah siswa yang diamati sebanyak 14 anak laki-laki. Instrumen yang digunakan adalah observasi. Metode penelitian tindakan kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain Kurt. Pengamatan pada kondisi awal menunjukkan bahwa minat siswa dalam mengajar laki-laki seni tari sangat kurang dengan hasil yang berada di bawah standar kompetensi di sekolah, 65. Setelah penerapan model pembelajaran tipe Jig Saw pada siklus 1, diperoleh peningkatan minat siswa dalam belajar seni tari hasil belajar 65, kemudian setelah 2 siklus diterapkan kembali ke peningkatan nilai rata-rata undangan luar biasa yang diperoleh adalah 75. dengan ini dapat dikatakan minat siswa untuk belajar seni tari meningkat dan berkembang, setelah model pembelajaran diterapkan tipe Jig Saw.