Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menyusun tahap-tahap pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman tema “Kehidupan Keluarga” dengan metode Gruppenrallye bagi siswa SMA kelas XI. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik studi pustaka. Tahap-tahap pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah tahap pembukaan, tahap pembentukan kompetensi (Prӓsentation, Semantisierung dan Üben ) dan tahap penutup. Pada tahap pembentukan kompetensi terdapat metode Gruppenrallye. Metode Gruppenrallye merupakan salah satu tipe dari model pembelajaran kooperatif, yaitu pembelajaran secara berkelompok dengan jumlah anggota tiap kelompok 4-5 orang siswa secara heterogen. Metode ini dapat memudahkan siswa dalam memahami teks karena teks dibahas secara berkelompok dan terdapat unsur rasa tanggung jawab dan saling mengajarkan antar anggota dalam kelompok. Langkah-langkah pembelajaran pada penelitian ini disajikan dalam dua buah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dalam kedua RPP tersebut, metode Gruppenrallye dilakukan pada tahap pembentukan kompetensi. Berdasarkan hasil penelitian ini model pembelajaran dalam penelitian ini dapat digunakan guru dalam melatih keterampilan membaca siswa dalam memahami teks dengan menggunakan metode Gruppenrallye.