PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE “TALKING STICK” TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DI MADRASAH ALIYAH NURUSA’DAH JAKARTA SELATAN
Main Author: | Ana Rosmanah, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/1987/1/SKRIPSI%20%20ANA%20ROSMANAH_2715130670_PENDIDIKAN%20BAHASA%20ARAB.pdf http://repository.unj.ac.id/1987/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Nurrusa'dah Jakarta Selatan pada semester 1 tahun ajaran 2017-2018, yang dimulai dari bulan September hingga November 2017 dengan Tujuan guna mengetahui pengaruh mengenai "Metode Talking Stick" dalam meningkatkan kemahiran berbicara siswa Madrasah Aliyah Nurrusa'dah Jakarta Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen Dengan populasi penelitian adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Nurrusa'dah Jakarta Selatan dan sampelnya adalah kelas X Ipa 1 dan X ipa 2 sejumlah 50 siswa terdiri dari 25 siswa kelas Eksperimen dan 25 siswa kelas control Teknik pengambilan sample dilakukan dengan cara "Purpose Sampling", yaitu teknik pengambilan sample secara sengaja sesuai dengan persyaratan sample yang diperlukan Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berbentuk tes Lisan. Teknik Analisis data yang digunakan adalah Statistik deskriptif dengan uji-t pada taraf signifikasi =0,05. Hasil uji-t diperoleh setelah melakukan Uji Normalitas dan Uji Homogenitas dengan hasil pengelompokan Y dan X mempunyai Varians yang Homogen karena X2hitung (14,6) < X2 table (65,17), uji Normalitas yang memiliki data berdistribusi normal dengan hasil Lhitung (0,110). Setelah dilakukan tes maka nilai t-hitung yang diperoleh dari 0.05 adalah (3,25) sedangkan nilai t-table adalah (1,6) untuk derajat kebebasan (dk=48) karena thitung yang diperoleh lebih besar dari pada t table maka Hipotesis nol (H) diterima dan Hipotesis penelitian (H1) diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mendapatkan pengaruh yang signifikan dalam penguasaan keterampilan berbicara bahasa arab dengan menggunakan metode Talking Stick dan siswa lebih tertarik untuk belajar bahasa arab khususnya pada pembelajaran keterampilan berbicara, dan mereka lebih mudah untuk belajar bahasa arab, karena dengan “Metode Talking Stick” memberikan siswa kemudahan untuk bisa belajar bahasa arab dimanapun dan kapanpun tidak hanya belajar dikelas serta membuat siswa lebih aktif dalam berbicara Bahasa Arab. Untuk itu guru sebaiknya menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan kegiatan belajar mengajar khususnya “Metode Pembelajaran Talking Stick” dalam pelajaran bahasa arab