Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar javeline pass bola tangan pada siswa SMPN 13 KOTA BEKASI agar membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dengan pengambilan data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini melibatkan 2 kolaborator dan dilakukan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus terdir dai 2 kali pertemuan. Kondisi awal siswa yang diteliti yaitu sehat jasmani dan rohani dan sudah bisa javeline pass dengan baik namun kurang begitu lancar dan kurang aktif dalam pembelajaran. Hasil dari siklus pertama sebagai berikut: 1) guru memberikan pembelajaran yang sesuai dengan rencana penelitian dan hasilnya 10 siswa tuntas dan 22 siswa belum tuntas. Hasil siklus kedua yang merupakan refleksi dari siklus pertama sebagai berikut: Guru memberikan pelajaran yang sesuai dengan rencana penelitian dan hasilnya adalah 32 siswa tuntas.) Hasilnya penelitian ini dapat disimpulkan ada peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran javeline pass bola tangan melalui bantuan media audio visual dimana pada saat siklus I terdapat 22 siswa belum tuntas dan siklus II seluruh siswa mengalami ketuntasan . Dari data tesebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran javeline pass bola tangan melalui bantuan audio visual pada siswa kelas VIII SMPN 13 Kota Bekasi terdapat perubahan.