PENGARUH LATIHAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DENGAN KURSI TERHADAP KEMAMPUAN KOORDINASI MATA-KAKI PADA SISWA SMP HANG TUAH 3 JAKARTA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER FUTSAL

Main Author: Rizki Ramadian, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/1957/1/Rizki%20Ramadian.pdf
http://repository.unj.ac.id/1957/2/Jurnal.pdf
http://repository.unj.ac.id/1957/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan menggunakan media video dengan kursi terhadap perubahan koordinasi mata-kaki siswa yang mengikuti ekstrakurikuler futsal di SMP Hang Tuah 3. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen “One Group Pre-test and Post-test”. Sampel penelitian berjumlah 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada 30 Oktober 2017 - 29 November 2017. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dengan tes pengukuran koordinasi mata-kaki yang dinamakan wall pass soccer. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan menghitung nilai t-hitung dibandingkan dengan t-tabel pada taraf signifikan 0,05. Hasil perhitungan prosentase koordinasi mata-kaki awal dan akhir diperoleh selisih rata-rata (MD) 3,1 dengan standar deviasi perbedaan (SDD) 0,99 standar error perbedaan rata-rata (SEMD) 0,23 dalam perhitungan selanjutnnya diperoleh nilai t-hitung 13,49 dan nilai t-tabel yaitu 2.09 yang berarti t-hitung= 13,49 lebih besar dari t-tabel= 2,09. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesa nihil (Ho) ditolak dan hipotesa alternatif (H1) diterima. Maka dari hasil perhitungan koordinasi mata-kaki tersebut memberikan hasil bahwa latihan menggunakan media video dengan kursi dapat membuat perubahan koordinasi mata-kaki siswa SMP Hang Tuah 3 yang mengikuti ektrakurikuler futsal.