PENGARUH PERMAINAN KECIL TERHADAP HASIL KETERAMPILAN GERAK DASAR PADA SISWA KELAS II A DI SDN DUREN JAYA 7 KOTA BEKASI
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan kecil terhadap keterampilan gerak dasar pada siswa kelas II A SD Negeri Duren Jaya 7 Kota Bekasi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus – September 2017, metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain “one Group Pretest – Post-test Design” sampel berjumlah 32 orang dari jumlah keseluruhan siswa kelas II A SD Negeri Duren Jaya 7 Kota Bekasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik dengan uji-t pada taraf signifikasi 5 %. Data tes awal yang dilakukan sebelum diberikan perlakuan permainan kecil diperoleh rata-rata( = 58,88 , kemudia setelah diberikan perlakuan permainan kecil diperoleh rata-rata( = 67,44. Setelah diperhitungkan diperoleh standar deviasi = 3,427 , standar kesalahan mean = 0,623, kemudian di masukan kedalam perhitungan uji t diperoleh nilai = 5,25. kemudian hasil perhitungan tersebut diujikan dengan tabel pada derajat kebebasan(dk) (N-1) = (32-1) = 31 dan pada taraf signifikasi 5 % diperoleh nilai kritis t-tabel 2,04 (t-hitung = 5,25 > t-tabel = 2,04). Kesimpulan akhir yang diperoleh melalui penelitian ini adalah permainan kecil dapat mempengaruhi terhadap keterampilan gerak dasar siswa & siswi kelas II A Sekolah Dasar Negeri Duren Jaya 7 Kota Bekasi.