Daftar Isi:
  • Penelitian skripsi ini bertujuan untuk : (1) mengetahui adanya peningkatan hasil belajar karate kata KANKU-SHO dengan menerapkan strategi mengajar keseluruhan (2) mengetahui adanya peningkatan hasil belajar karate kata KANKU-SHO dengan menerapkan strategi bagian per bagian. Dan (3) efektifitas dari strategi mengajar keseluruhan dan bagian per bagian terhadap hasil belajar karate kata KANKU-SHO pada siswa anggota ekstrakulikuler karate di SMP Negeri 1 Tamansari Bogor. Penelitian ini menggunakan adalah metode eksperimen “pretestpostest control group design”dengan 8 kali treatment. Dengan teknik pengambilan sampel purposive sample yang berjumlah 30 orang yang dibagi menjadi 2 kelompok eksperimen yang beranggotakan 15 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t Dari penelitian ini, tes akhir hasil belajar karate kata KANKU-SHO dengan kelompok strategi mengajar keseluruhan dan bagian per bagian diperoleh standar perbedaan antara dua mean (SEmxmy) = 1.563451 nilai tersebut menjadi t-hitung diperoleh = -1,87619. Kemudian hasil perhitungan tersebut diujikan dengan t-tabel pada derajat kebebasan (dk) = (n1 + n2) – 2 = (15 + 15) – 2 =28, dan taraf kepercayaan (α) = 0,05 diperoleh nilai kritis ttabel 2,048 (t-hitung = -1,87619 < t-tabel = 2,048). ii Kemudian hasil tersebut diujikan dengan t-tabel pada derajat kebebasan (dk) = n – 1 = 15 – 1 = 14 dengan taraf kepercayaan (α) = 0,05 diperoleh nilai kritis t-tabel = 2,145. Dengan demikian nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (t-hitung = 7.532 > t-tabel = 2,093). Berdasarkan hasil analisa data tersebut maka H0 diterima dan H1 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua strategi mengajar tersebut meningkatkan hasil belajar kata KANKU-SHO dan terdapat perbedaan yang signifikan yakni terjadi peningkatan hasil belajar lebih banyak dari pada efek strategi mengajar bagian per bagian pada siswa anggota ekstrakulikuler karate di SMP Negeri 1 Taman Sari Bogor.