PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL (Penelitian Tindakan Kelas Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V di SDN Makasar 07 Pagi, Kecamatan Makasar Jakarta Timur)
Main Author: | Yessi Komalasari, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/1859/1/SKRIPSI%20Yessi%20Komalasari%201815130339.pdf http://repository.unj.ac.id/1859/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa kelas V pada mata pelajaran IPS. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Makasar 07 Pagi Kecamatan Makasar Jakarta Timur. Responden dalam penelitian ini meliputi satu dosen ahli materi, satu guru kelas V dan 27 siswa SDN Makasar 07 Pagi. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dengan pengumpulan data pengamatan tindakan guru dan siswa, kuisioner siswa dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan desain model Kemmis dan Mc Taggart yaitu melalui tahapan pertama perencanaan, tahapan kedua pelaksanaan tindakan, tahapan ketiga pengamatan tindakan dan tahapan keempat refleksi tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerepan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together yang cocok digunakan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa, yang menekankan pada bertukar pikiran, berkerjasama dan berkelompok sehingga siswa mengalami proses pembelajaran yang mampu meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa. Tiga dimensi kecerdasan interpersonal yang di tingkatkan yaitu social sensitivity, social insight dan social communication.