PELAKSANAAN PENGEMBANGAN BAHASA PADA ANAK DENGAN ASD (Autistic Spectrume Disorder) DI SEKOLAH KEANNA (Studi Deskriptif di Sekolah Keanna, Jakarta Selatan)
Main Author: | Yulita Irani, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/1858/1/Skripsi%20Yulita%20Irani%20%281335140063%29.pdf http://repository.unj.ac.id/1858/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pengembangan bahasa pada anak dengan ASD (Autistic Spectrum Disorder). Informan dalam penelitian ini adalah ketua yayasan dan guru pengembangan bahasa Sekolah Keanna. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan bersifat kualitatif dengan tahap reduksi, penyajian dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kurikulum yang digunakan yaitu, kurikulum KITS 4 KIDS yang merupakan hasil dari adaptasi program Son Rise, program ABA, Program Sosial Komunikasi serta kurikulum program khusus bahasa komunikasi untuk anak autisme yang diterbitkan oleh pemerintah. (2) Sekolah Keanna menggunakan sistem sentra, yang terdiri dari 5 sentra yaitu, sentra bahasa komunikasi, sosial emosional, bina diri, sensori motor, pra akademik (kognitif) dan alam serta keterampilan. Dan melakukan lingakaran (Circle time) sebelum memulai kegiatan pengembangan. (3) Metode yang digunakan dalam pengembangan bahasa pada anak dengan ASD di Sekolah Keanna yaitu metode ABA (Applied Behavior Analysis) dan Son Rise. (4) Dalam penerapan ABA, pada pengembangan bahasa, guru telah megeneralisasi kata Seperti kata tidak menjadi jangan. (5) Evaluasi pengembangan bahasa pada anak dengan ASD di Sekolah Keanna menggunakan observasi penilaian harian dan dilakukan secara non tes setiap kegiatan. Kemudian setelah tiga bulan akan dibuat narasi portofolio