PENELITIAN KUALITATIF FENOMENA PENYESUAIAN DIRI SISWA KESULITAN BELAJAR (STUDI DESKRIPTIF: KELAS V SDN 24 KRAMAT JATI JAKARTA TIMUR)

Main Author: Tita Setiawati, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/1836/1/PENELITIAN%20KUALITATIF.pdf
http://repository.unj.ac.id/1836/
Daftar Isi:
  • Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penyesuaian diri serta melihat aspek-aspek yang berpengaruh terhadap siswa kesulitan belajar kelas V SD. Subjek penelitian ini terdiri dari dua subjek yaitu siswa kelas V SDN 24 Kramatjati. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis. Hasil penelitian menunjukan proses penyesuaian diri yang sering tampak adalah proses perhatian yang merupakan tahap awal proses penyesuaian diri. Peran guru sangat penting meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan penyesuaian diri pada tahap selanjutnya. Aspek penyesuaian diri yang sering dilakukan oleh siswa adalah kematangan sosial, menunjukan siswa yang bersosialisasi dengan teman sebaya. Oleh sebab itu, perlunya perhatian yang lebih dari guru serta pembuatan susunan program pembelajaran mandiri yang sistematis