MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK DASAR MELEMPAR BOLA KECIL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN SISWA KELAS III SDN MALAKA JAYA 05 PAGI JAKARTA TIMUR
Main Author: | Suardi, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/1829/1/SKRIPSI%20SUARDI%20181516068.pdf http://repository.unj.ac.id/1829/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk untuk memperoleh data tentang peningkatan kemampuan gerak dasar melempar bola kecil melalui pendekatan bermain dalam pembelajaran pendidikan jasmani di kelas III SDN Malaka Jaya 05 Pagi Jakarta Timur. Penelitian tindakan ini dilakukan untuk melihat efektifitas tindakan pembelajaran dalam aktifitas Gerak Dasar Melempar Bola Kecil Siswa melalui Pendekatan Bermain penelitian ini dilakukan di kelas III SDN Malaka Jaya 05 Pagi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober sampai dengan bulan Desember tahun pelajaran 20172018. Pada penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus. Dalam siklusnya menggunakan metode dengan model siklus Kemmis dan Taggart. Maksudnya adalah pada model ini terdapat tahap perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting), dan untuk pengumpulan datanya digunakan instrumen tes dan instrumen non tes dengan berupa instrumen pemantau tindakan dan catatan lapangan. Pada tindakan pembelajaran Meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar Melempar Bola Kecil Siswa Kelas III SDN Malaka Jaya 05 Pagi Jakarta Timur dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani melalui Pendekatan Bermain ternyata menunjukkan adanya peningkatan sesuai yang diharapkan. Pada setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus III menunjukkan adanya peningkatan peningkatan yang sangat baik. Dari siklus I sampai Siklus III instrumen pemantau tindakan meningkat dari 50% Pada siklus I meningkat 10% menjadi 66% Pada siklus II meningkat 25% menjadi 85% Pada siklus III, sedangkan gerak dasar melempar dari 63,63% Pada siklus I meningkat 21,22% menjadi 84,85% Pada siklus II meningkat 6,06% menjadi 90,91% pada siklus III. Berdasarkan prosentase data pemantauan tersebut dapat disimpulkan bahwa Melalui Pendekatan Bermain dapat meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar Melempar Bola kecil Siswa Kelas III SDN Malaka Jaya 05 Pagi Jakarta Timur Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Implikasi hasil penelitian ini adalah Pendekatan Bermain dapat meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar Melempar Bola Kecil Siswa Kelas III SD. Pendekatan Bermain dapat Dijadikan Alternatif dalam Pembelajaran.