MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY (DUA TINGGAL DUA TAMU) PADA SISWA KELAS V SDN JATIMAKMUR I PONDOK GEDE BEKASI (Studi Penelitian Tindakan Kelas)

Main Author: Sherly Oktaviani, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/1819/1/1.%20lembar%20judul%20%28cover%29.pdf
http://repository.unj.ac.id/1819/2/3.%20LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf
http://repository.unj.ac.id/1819/3/4.%20LEMBAR%20ORIGINALITAS.pdf
http://repository.unj.ac.id/1819/4/6.%20%20KATA%20PENGANTAR.pdf
http://repository.unj.ac.id/1819/5/7.%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.unj.ac.id/1819/6/11.%20BAB%20I-V.pdf
http://repository.unj.ac.id/1819/
Daftar Isi:
  • Penelitan tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Jatimakmur I Pondok Gede Bekasi. Penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui model cooperative learning tipe two stay two stray. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2017 dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Jatimakmur I Pondok Gede Bekasi yang berjumlah 28 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian tindakan kelas ini melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak II siklus, dimana tiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Pada siklus I nilai hasil belajar siswa dengan skor persentase 67.85% atau 19 orang mencapai KKM kemudian mengalami peningkatan yang cukup signifikan pada siklus II dengan skor persentase sebesar 89.28% dengan kata lain mengalami peningkatan sebesar 21,43%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran IPA yang dilakukan dengan model cooperative learning tipe two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SDN Jatimakmur I Pondok Gede Bekasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model cooperative learning tipe two stay two stray merupakan salah satu model yang dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa