UPAYA MENINGKATKAN KECAKAPAN PRAVOKASIONAL ANAK USIA 5 - 6 TAHUN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA DAUR ULANG KOTAK AJAIB (Penelitian Tindakan Kelas di RA Ar-Rahmah, Kampung Rawa Badung, Jakarta Timur)

Main Author: Sabila Rosyada, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/1811/1/BAB%20I-V.pdf
http://repository.unj.ac.id/1811/2/COVER%20HALAMAN%20DEPAN.pdf
http://repository.unj.ac.id/1811/3/DAFTAR%20ISI.pdf
http://repository.unj.ac.id/1811/4/KATA%20PENGANTAR.pdf
http://repository.unj.ac.id/1811/5/LEMBAR%20KEASLIAN%20SKRIPSI.pdf
http://repository.unj.ac.id/1811/6/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf
http://repository.unj.ac.id/1811/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecakapan pravokasional anak usia 5-6 tahun melalui penggunaan media daur ulang kotak ajaib. Penelitian ini dilaksanakan di RA Ar-Rahmah pada bulan Januari 2018. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui dua siklus. Siklus satu dengan 6 kali pertemuan dan siklus dua dengan 4 kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1 di RA Ar-Rahmah yang memiliki masalah pada kecakapan pravokasional sebanyak 16 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar pengamatan untuk memperoleh data mengenai pelaksanaan tindakan dan data peningkatan kecakapan pravokasional anak yaitu melalui teknik observasi yang berupa catatan lapangan, catatan dokumentasi, dan catatan wawancara. Teknik analisis data menggunakan persentase mengikuti standar pencapaian sebesar 71% dan sesuai dengan kesepakatan antara peneliti dan kolaborator. Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh persentase sebesar 37,77 % pada pra penelitian. Setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 59,09 %. Setelah diberikan tindakan pada siklus II meningkat menjadi 84,31 %. Adapun peningkatan sebelum dan sesudah diberikan tindakan sebesar 46,54%. Berdasarkan hasil peningkatan persentase dari penelitian ini, maka dapat dinyatakan bahwa hipotesis diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media daur ulang kotak ajaib dapat meningkatkan kecakapan pravokasional anak usia 56 tahun. Implikasi hasil penelitian ini bahwa penggunaan media daur ulang kotak ajaib dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kecakapan pravokasional anak usia 5-6 tahun.