MENINGKATKAN KEMAMPUAN EKSPLORASI GERAK DASAR LARI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III SDN Kemanggisan 12 Pagi Jakarta Barat)

Main Author: Rosi Dayanti, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Image
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/1809/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.unj.ac.id/1809/2/IMG20180112145401.jpg
http://repository.unj.ac.id/1809/
Daftar Isi:
  • Penelitian tidakan kelas ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang peningkatan kemampuan eksplorasi gerak dasar lari dalam pembelajaran pendidikan jasmani melalui model cooperative learning tipe Student Team Achievement Division (STAD). Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Kemanggisan 12 Pagi Jakarta Barat dimulai pada bulan Oktober sampai Desember, menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 kegiatan utama yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil persentase perolehan data pada siklus I kemampuan eksplorasi gerak dasar lari 58,67%. Siklus II menunjukan kenaikan yaitu 83,33%. Sedangkan data pemantau tindakan pembelajaran dengan model cooperative learning tipe student team achievement division (STAD) pada siklus I persentase 60% dan pada siklus II mencapai 85%. Dari hasil penelitian, dapat dinyatakan bahwa dengan menggunakan model cooperative learning tipe student team achievement division (STAD) dapat meningkatkan kemampuan eksplorasi gerak dasar lari dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Kesimpulannya adalah bahwa pembelajaran pendidikan jasmani dengan menggunakan model cooperative learning tipe student team achievement division (STAD) dapat dijadikan model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan eksplorasi gerak dasar lari di kelas III SDN Kemanggisan 12 Pagi Jakarta Barat.