STRATEGI PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN PERMULAAN BAGI PESERTA DIDIK TUNARUNGU DI PAUD SANTI RAMA
Main Author: | Rizka Khairun Nisak, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/1805/1/Skripsi%20FIX.pdf http://repository.unj.ac.id/1805/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran membaca Al-Qur‟an permulaan untuk peserta didik tunarungu di PAUD Santi Rama. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengguanakan model Miles dan Huberman dengan tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan data. Hasil temuan menunjukkan bahwa kurikulum dibuat sendiri oleh pengajar dengan memodifikasi kurikulum membaca iqra pada umumnya dengan menerapkan prinsip latihan bicara. Tujuan ekstrakurikuler ini sebagai pengenalan dan pembiasaan terhadap agama Islam. Metode yang digunakan yaitu metode pembelajaran maternal reflektif dengan pendekatan metode ceramah, demonstrasi, pemberian tugas, identifikasi. Media yang digunakan yaitu diri pengajar, papan tulis, kapur, penunjuk, kartu huruf, dan buku iqra. Evaluasi yang dilakukan menggunakan teknik evaluasi proses pembelajaran