PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA DI SMK NEGERI 40 JAKARTA

Main Author: Dina Permata, .
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/180/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara perhatian orang tua dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika di SMK Negeri 40 Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan selama empat bulan, terhitung sejak bulan Februari 2017 sampai dengan bulan Mei 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMKN 40 Jakarta Timur dengan populasi terjangkaunya seluruh siswa kelas X (sepuluh) yang berjumlah 171 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik acak sederhana, sehingga didapatkan jumlah sampel penelitian sebanyak 114 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik survey, pencatatan dokumen dan kuesioner. Untuk mendapatkan data hasil belajar (Y), dilakukan dengan cara menghitung rata-rata nilai hasil ulangan harian mata pelajaran Matematika semester genap. Kemudian data perhatian orang tua (X1) dan kemandirian belajar (X2) didapatkan dari hasil sebaran kuesioner pada responden. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji persyaratan analisis yang terdiri atas uji normalitas dan uji linearitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis yang terdiri dari uji F dan uji T. Berdasarkan hasil analisis yang didapatkan diketahui terdapat pengaruh yang parsial antara perhatian orang tua dan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data diketahui bahwa nilai thitung sebesar 4.406 > nilaittabel 1.658. Kemudian diketahui terdapat pengaruh yang parsial antara kemandirian belajar dan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data diketahui bahwa nilai thitungsebesar 7.034 > nilaittabel 1.658. Perhatian orang tua dan kemandirian belajar secara bersamaan berpengaruh terhadap hasil belajar, hal ini terlihat dari hasil data yang menunjukan nilai Fhitung sebesar 290.223 > nilai Ftable sebesar 3.08. Dengan persamaan regresi yang didapatkan adalah Ŷ = 6.596 + 0.333X1 + 0.563X2. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 0.839 yang artinya perhatian orang tua (X1) dan kemandirian belajar (X2) berpengaruh terhadap hasil belajar (Y) sebesar 83.9%.