PERBANDINGAN PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN RELATING EXPERIENCING APPLYING COOPERATING DAN TRANSFERRING (REACT) DAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD PADA MUATAN IPA DI KELURAHAN PERWIRA BEKASI UTARA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pengaruh strategi pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring (REACT) dan inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD pada muatan IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Perwira VI Bekasi Utara. Sampel tersebut diambil dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel tersebut terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran REACT dan kelompok kontrol yang menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dalam proses pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berbentuk uraian. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan perhitungan uji-t, diperoleh hasil thitung > ttabel (1,7832 > 1,6636), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang lebih tinggi dan signifikan dari penggunaan strategi pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD pada muatan IPA di Kelurahan Perwira, Bekasi Utara dibandingkan dengan strategi pembelajaran inkuiri.