PERAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN DISIPLIN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN (Penelitian Kualitatif Dalam Kehidupan Bersekolah di PAUD AS-SYIFA Kramat Jati - Jakarta Timur)

Main Author: Putri Milandhara, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/1786/1/Skripsi%20Putri%20Milandhara.pdf
http://repository.unj.ac.id/1786/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Peran orang tua dalam menanamkan disiplin anak usia 4-5 tahun, (2) Pembentukkan disiplin anak usia 4-5 tahun di PAUD AS-SYIFA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposif sampling yaitu berjumlah empat ibu dan anak, 1 guru di PAUD AS-SYIFA. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilengkapi dengan daftar pertanyaan. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, display data, dan verifikasi serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Orang tua merupakan kunci utama dalam penerapan kedisiplinan anak sejak usia dini. Orang tua memiliki peranan dalam lingkungan keluarga, dan tidak dapat diberikan di lembaga pendidikan. (2). Sebagian besar sudah ada sinergitas antara orang tua dan guru walaupun masih ada yang belum sinergitas waktu dan perhatian (3) Terpola dengan kebiasaan yang tetap dan teratur.