Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris tentang kecerdasaan visual-spasial anak usia 4-6 tahun melalui pengaruh dari kegiatan ekstrakurikuler tari. Penelitian ini dilaksanakan di TK Islam Al-Ikhlas, Kelurahan Cipete Selatan, Kota Jakarta Selatan pada bulan Oktober-Desember 2017. Metode penelitian menggunakan Ex Post Facto dengan sampel penelitian anak usia 4-6 tahun yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu anak yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tari dan anak yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tari. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Teknik analisis penelitian menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik pengujian hipotesis menggunakan uji anava dan uji-t. Hasil pengujian hipotesis menggunakan Fhitung = 4,77 > Ftabel, = 4,20 dan t hitung = 2,71 > ttabel = 2,05. Dengan demikian kesimpulan yang diperoleh adalah terdapat perbedaan kecerdasan visual-spasial pada anak yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tari dengan anak yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tari. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kegiatan ekstrakurikuler tari dengan kecerdasan visual-spasial anak usia 4-6 tahun di TK Islam Al-Ikhlas, Cipete Selatan, Jakarta Selatan.