MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BENDUNGAN HILIR O1 PAGI JAKARTA PUSAT (Penelitian Tindakan Kelas)
Main Author: | Puteri Fauziah, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/1778/1/Scan%20Skripsi%20Puteri%20Fauziah.pdf http://repository.unj.ac.id/1778/ |
ctrlnum |
1778 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/1778/</relation><title>MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM 
PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM 
BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BENDUNGAN 
HILIR O1 PAGI JAKARTA PUSAT 
(Penelitian Tindakan Kelas)</title><creator>Puteri Fauziah, .</creator><subject>LC Penelitian Tindakan Kelas</subject><description>Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan pendekatan Problem Based Learning pada siswa kelas V SD Negeri Bendungan Hilir 01 pagi Jakarta Pusat. Subjek pada penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V-A di SD Negeri Bendungan Hilir 01 Pagi Jakarta Pusat dengan jumlah 24 siswa yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Model penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah model penelitian dari Stephen Kemmis dan Mc. Taggart dengan tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, pengamatan, catatan lapangan, dan dokumntasi. Hasil penelitian kelas menunjukkan bahwa siswa memiliki kemampuan berpikir kreatif dalam setiap pembelajaran, tak terkecuali dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapat meningkat melalui pendekatan Problem Based Learning. Pada siklus I aktivitas guru dan siswa mencapai 59,95% dan meningkat pada siklus II sebesar 23,4% menjadi 83,3%. Sedangkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siklus I mencapai 62,5% dan meningkat pada siklus II sebesar 25% menjadi 87,5% dari jumlah keseluruhan siswa yang mendapat nilai ≥80. Hasil penelitian tersebut berhasil melebihi target indikator pencapaian yang ditetapkan oleh peneliti yaitu sebesar 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dapat meningkat melalui penerapan pendekatan Problem Based Learning</description><date>2018-02-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/1778/1/Scan%20Skripsi%20Puteri%20Fauziah.pdf</identifier><identifier> Puteri Fauziah, . (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BENDUNGAN HILIR O1 PAGI JAKARTA PUSAT (Penelitian Tindakan Kelas). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>1778</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Puteri Fauziah, . |
title |
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM
PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM
BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BENDUNGAN
HILIR O1 PAGI JAKARTA PUSAT
(Penelitian Tindakan Kelas) |
publishDate |
2018 |
topic |
LC Penelitian Tindakan Kelas |
url |
http://repository.unj.ac.id/1778/1/Scan%20Skripsi%20Puteri%20Fauziah.pdf http://repository.unj.ac.id/1778/ |
contents |
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan pendekatan Problem Based Learning pada siswa kelas V SD Negeri Bendungan Hilir 01 pagi Jakarta Pusat. Subjek pada penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V-A di SD Negeri Bendungan Hilir 01 Pagi Jakarta Pusat dengan jumlah 24 siswa yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Model penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah model penelitian dari Stephen Kemmis dan Mc. Taggart dengan tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, pengamatan, catatan lapangan, dan dokumntasi. Hasil penelitian kelas menunjukkan bahwa siswa memiliki kemampuan berpikir kreatif dalam setiap pembelajaran, tak terkecuali dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapat meningkat melalui pendekatan Problem Based Learning. Pada siklus I aktivitas guru dan siswa mencapai 59,95% dan meningkat pada siklus II sebesar 23,4% menjadi 83,3%. Sedangkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siklus I mencapai 62,5% dan meningkat pada siklus II sebesar 25% menjadi 87,5% dari jumlah keseluruhan siswa yang mendapat nilai ≥80. Hasil penelitian tersebut berhasil melebihi target indikator pencapaian yang ditetapkan oleh peneliti yaitu sebesar 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dapat meningkat melalui penerapan pendekatan Problem Based Learning |
id |
IOS7130.1778 |
institution |
Universitas Negeri Jakarta |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id |
institution_id |
257 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta) |
library_id |
2392 |
collection |
repository unj |
repository_id |
7130 |
subject_area |
pendidikan education perpustakaan keguruan |
city |
JAKARTA TIMUR |
province |
DKI JAKARTA |
repoId |
IOS7130 |
first_indexed |
2019-07-23T08:41:07Z |
last_indexed |
2019-07-23T08:41:07Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686502318804041728 |
score |
17.538404 |