MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BENDUNGAN HILIR O1 PAGI JAKARTA PUSAT (Penelitian Tindakan Kelas)

Main Author: Puteri Fauziah, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/1778/1/Scan%20Skripsi%20Puteri%20Fauziah.pdf
http://repository.unj.ac.id/1778/
ctrlnum 1778
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/1778/</relation><title>MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM &#xD; PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM &#xD; BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BENDUNGAN &#xD; HILIR O1 PAGI JAKARTA PUSAT &#xD; (Penelitian Tindakan Kelas)</title><creator>Puteri Fauziah, .</creator><subject>LC Penelitian Tindakan Kelas</subject><description>Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan pendekatan Problem Based Learning pada siswa kelas V SD Negeri Bendungan Hilir 01 pagi Jakarta Pusat. Subjek pada penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V-A di SD Negeri Bendungan Hilir 01 Pagi Jakarta Pusat dengan jumlah 24 siswa yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Model penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah model penelitian dari Stephen Kemmis dan Mc. Taggart dengan tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, pengamatan, catatan lapangan, dan dokumntasi. Hasil penelitian kelas menunjukkan bahwa siswa memiliki kemampuan berpikir kreatif dalam setiap pembelajaran, tak terkecuali dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapat meningkat melalui pendekatan Problem Based Learning. Pada siklus I aktivitas guru dan siswa mencapai 59,95% dan meningkat pada siklus II sebesar 23,4% menjadi 83,3%. Sedangkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siklus I mencapai 62,5% dan meningkat pada siklus II sebesar 25% menjadi 87,5% dari jumlah keseluruhan siswa yang mendapat nilai &#x2265;80. Hasil penelitian tersebut berhasil melebihi target indikator pencapaian yang ditetapkan oleh peneliti yaitu sebesar 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dapat meningkat melalui penerapan pendekatan Problem Based Learning</description><date>2018-02-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/1778/1/Scan%20Skripsi%20Puteri%20Fauziah.pdf</identifier><identifier> Puteri Fauziah, . (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BENDUNGAN HILIR O1 PAGI JAKARTA PUSAT (Penelitian Tindakan Kelas). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>1778</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Puteri Fauziah, .
title MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BENDUNGAN HILIR O1 PAGI JAKARTA PUSAT (Penelitian Tindakan Kelas)
publishDate 2018
topic LC Penelitian Tindakan Kelas
url http://repository.unj.ac.id/1778/1/Scan%20Skripsi%20Puteri%20Fauziah.pdf
http://repository.unj.ac.id/1778/
contents Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan pendekatan Problem Based Learning pada siswa kelas V SD Negeri Bendungan Hilir 01 pagi Jakarta Pusat. Subjek pada penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V-A di SD Negeri Bendungan Hilir 01 Pagi Jakarta Pusat dengan jumlah 24 siswa yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Model penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah model penelitian dari Stephen Kemmis dan Mc. Taggart dengan tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, pengamatan, catatan lapangan, dan dokumntasi. Hasil penelitian kelas menunjukkan bahwa siswa memiliki kemampuan berpikir kreatif dalam setiap pembelajaran, tak terkecuali dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapat meningkat melalui pendekatan Problem Based Learning. Pada siklus I aktivitas guru dan siswa mencapai 59,95% dan meningkat pada siklus II sebesar 23,4% menjadi 83,3%. Sedangkan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siklus I mencapai 62,5% dan meningkat pada siklus II sebesar 25% menjadi 87,5% dari jumlah keseluruhan siswa yang mendapat nilai ≥80. Hasil penelitian tersebut berhasil melebihi target indikator pencapaian yang ditetapkan oleh peneliti yaitu sebesar 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dapat meningkat melalui penerapan pendekatan Problem Based Learning
id IOS7130.1778
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2019-07-23T08:41:07Z
last_indexed 2019-07-23T08:41:07Z
recordtype dc
_version_ 1686502318804041728
score 17.538404