MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS V MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW (Penelitian Tindakan Kelas di SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat)

Main Author: Oktaviana Nurhidayah, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/1774/1/BAB%20I%20-%20BAB%20V.pdf
http://repository.unj.ac.id/1774/2/HALAMAN%20JUDUL%20SKRIPSI.pdf
http://repository.unj.ac.id/1774/3/LEMBAR%20PENGESAHAN%20SKRIPSI.pdf
http://repository.unj.ac.id/1774/
Daftar Isi:
  • Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas V C SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V C SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat yang berjumlah 24 siswa, terdiri atas 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan menggunakan model Kemmis McTaggart melalui 4 tahap terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak II siklus, dimana tiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Pada siklus I, data kuesioner keterampilan sosial siswa mencapai 63%, dan pada siklus II meningkat sebesar 25% menjadi 88%. Pemantauan tindakan guru dan siswa pada siklus I mencapai 77,77% dan 73,33%. Pada siklus II meningkat menjadi 84,44% dan 82,22%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas V SD Negeri Kenari 07 Jakarta Pusat.