PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN SISWA TUNARUNGU DI SLB NEGERI BEKASI JAYA

Main Author: Nur Anissa, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/1770/1/SKRIPSI%20NUR%20ANISSA.pdf
http://repository.unj.ac.id/1770/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran membaca pemulaan di kelas II SLBN Bekasi Jaya. Hal ini berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari guru kelas II bagian tunarungu dan kepala sekolah SLBN Bekasi Jaya sebagai narasumber. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu triangulasi sumber dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran membaca permulaan di kelas II SLBN Bekasi Jaya sudah berlangsung dengan baik. Guru membuat RPP sebelum pembelajaran dimulai, namun tidak membuat PPI karena tidak diwajibkan oleh pihak sekolah. Guru melakukan assesmen pada siswa sebelum membuat RPP. Pada pelaksanaan pembelajaran, guru menggunakan Metode Maternal Reflektif (MMR) yang digabungkan dengan metode pembelajaran lain seperti metode ceramah, demonstrasi sebagaimana metode ini digunakan dalam pembelajaran siswa tunarungu. Guru menggunakan bentuk performance membaca dan soal dalam evaluasi pembelajaran membaca. Evaluasi yang dilakukan, yaitu evaluasi harian, evaluasi tiap tema, uts, dan uas. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa perkembangan bahasa siswa mempengaruhi kemampuan membaca siswa