PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BUDI DAYA TANAMAN KANGKUNG BAGI PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN (Studi Deskriptif di kelas IX SLB B C Cempaka Putih)

Main Author: Notanindo Adi Pratama, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/1769/1/Skripsi%20-%20Notanindo%20Adi%20Pratama%20%2813335145732%29.pdf
http://repository.unj.ac.id/1769/
ctrlnum 1769
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/1769/</relation><title>PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BUDI DAYA TANAMAN KANGKUNG BAGI PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN (Studi Deskriptif di kelas IX SLB B C Cempaka Putih)</title><creator>Notanindo Adi Pratama, .</creator><subject>LB Metode Belajar Mengajar</subject><subject>LB2300 Pendidikan Khusus</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran keterampilan budi daya tanaman kangkug bagi peserta didik tunagrahita ringan di SLB B C Cempaka Putih. Pendekatan yang digunakan, yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman dengan tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan menunjukkan bahwa kurikulum yang digunakan yaitu kurikulum KTSP yang dimodifikasi. Materi pembelajaran yang terdiri dari menyiapkan alat dan bahan, menyiapkan wadah untuk pembibitan kangkung, menyemai benih, cara merawat, dan memanen tanaman. Tujuan diadakannya pembelajaran untuk memberikan bekal keterampilan hidup. Metode pembelajaran yang digunakan ceramah, demonstrasi dan tanya jawab. Media yang digunakan adalah benda konkret. Bentuk evaluasi yang dilakukan yaitu tes dan non tes berupa tes tertulis dan pengamatan guru. Diharapkan guru untuk mengembangkan pembelajaran keterampilan di SLB B C Cempaka Putih berdasarkan kemampuan yang dimiliki peserta didik.</description><date>2018-02-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/1769/1/Skripsi%20-%20Notanindo%20Adi%20Pratama%20%2813335145732%29.pdf</identifier><identifier> Notanindo Adi Pratama, . (2018) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BUDI DAYA TANAMAN KANGKUNG BAGI PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN (Studi Deskriptif di kelas IX SLB B C Cempaka Putih). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>1769</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Notanindo Adi Pratama, .
title PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BUDI DAYA TANAMAN KANGKUNG BAGI PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN (Studi Deskriptif di kelas IX SLB B C Cempaka Putih)
publishDate 2018
isbn 2813335145732
topic LB Metode Belajar Mengajar
LB2300 Pendidikan Khusus
url http://repository.unj.ac.id/1769/1/Skripsi%20-%20Notanindo%20Adi%20Pratama%20%2813335145732%29.pdf
http://repository.unj.ac.id/1769/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran keterampilan budi daya tanaman kangkug bagi peserta didik tunagrahita ringan di SLB B C Cempaka Putih. Pendekatan yang digunakan, yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman dengan tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan menunjukkan bahwa kurikulum yang digunakan yaitu kurikulum KTSP yang dimodifikasi. Materi pembelajaran yang terdiri dari menyiapkan alat dan bahan, menyiapkan wadah untuk pembibitan kangkung, menyemai benih, cara merawat, dan memanen tanaman. Tujuan diadakannya pembelajaran untuk memberikan bekal keterampilan hidup. Metode pembelajaran yang digunakan ceramah, demonstrasi dan tanya jawab. Media yang digunakan adalah benda konkret. Bentuk evaluasi yang dilakukan yaitu tes dan non tes berupa tes tertulis dan pengamatan guru. Diharapkan guru untuk mengembangkan pembelajaran keterampilan di SLB B C Cempaka Putih berdasarkan kemampuan yang dimiliki peserta didik.
id IOS7130.1769
institution Universitas Negeri Jakarta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 257
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta)
library_id 2392
collection repository unj
repository_id 7130
subject_area pendidikan
education
perpustakaan
keguruan
city JAKARTA TIMUR
province DKI JAKARTA
repoId IOS7130
first_indexed 2019-07-23T08:41:07Z
last_indexed 2019-07-23T08:41:07Z
recordtype dc
_version_ 1686502318772584448
score 17.538404