PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BUDI DAYA TANAMAN KANGKUNG BAGI PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN (Studi Deskriptif di kelas IX SLB B C Cempaka Putih)
Main Author: | Notanindo Adi Pratama, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/1769/1/Skripsi%20-%20Notanindo%20Adi%20Pratama%20%2813335145732%29.pdf http://repository.unj.ac.id/1769/ |
ctrlnum |
1769 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unj.ac.id/1769/</relation><title>PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BUDI DAYA TANAMAN KANGKUNG BAGI PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN (Studi Deskriptif di kelas IX SLB B C Cempaka Putih)</title><creator>Notanindo Adi Pratama, .</creator><subject>LB Metode Belajar Mengajar</subject><subject>LB2300 Pendidikan Khusus</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran keterampilan budi daya tanaman kangkug bagi peserta didik tunagrahita ringan di SLB B C Cempaka Putih. Pendekatan yang digunakan, yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman dengan tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan menunjukkan bahwa kurikulum yang digunakan yaitu kurikulum KTSP yang dimodifikasi. Materi pembelajaran yang terdiri dari menyiapkan alat dan bahan, menyiapkan wadah untuk pembibitan kangkung, menyemai benih, cara merawat, dan memanen tanaman. Tujuan diadakannya pembelajaran untuk memberikan bekal keterampilan hidup. Metode pembelajaran yang digunakan ceramah, demonstrasi dan tanya jawab. Media yang digunakan adalah benda konkret. Bentuk evaluasi yang dilakukan yaitu tes dan non tes berupa tes tertulis dan pengamatan guru. Diharapkan guru untuk mengembangkan pembelajaran keterampilan di SLB B C Cempaka Putih berdasarkan kemampuan yang dimiliki peserta didik.</description><date>2018-02-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unj.ac.id/1769/1/Skripsi%20-%20Notanindo%20Adi%20Pratama%20%2813335145732%29.pdf</identifier><identifier> Notanindo Adi Pratama, . (2018) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BUDI DAYA TANAMAN KANGKUNG BAGI PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN (Studi Deskriptif di kelas IX SLB B C Cempaka Putih). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. </identifier><recordID>1769</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Notanindo Adi Pratama, . |
title |
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BUDI DAYA TANAMAN KANGKUNG BAGI PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN (Studi Deskriptif di kelas IX SLB B C Cempaka Putih) |
publishDate |
2018 |
isbn |
2813335145732 |
topic |
LB Metode Belajar Mengajar LB2300 Pendidikan Khusus |
url |
http://repository.unj.ac.id/1769/1/Skripsi%20-%20Notanindo%20Adi%20Pratama%20%2813335145732%29.pdf http://repository.unj.ac.id/1769/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran keterampilan budi daya tanaman kangkug bagi peserta didik tunagrahita ringan di SLB B C Cempaka Putih. Pendekatan yang digunakan, yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman dengan tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan menunjukkan bahwa kurikulum yang digunakan yaitu kurikulum KTSP yang dimodifikasi. Materi pembelajaran yang terdiri dari menyiapkan alat dan bahan, menyiapkan wadah untuk pembibitan kangkung, menyemai benih, cara merawat, dan memanen tanaman. Tujuan diadakannya pembelajaran untuk memberikan bekal keterampilan hidup. Metode pembelajaran yang digunakan ceramah, demonstrasi dan tanya jawab. Media yang digunakan adalah benda konkret. Bentuk evaluasi yang dilakukan yaitu tes dan non tes berupa tes tertulis dan pengamatan guru. Diharapkan guru untuk mengembangkan pembelajaran keterampilan di SLB B C Cempaka Putih berdasarkan kemampuan yang dimiliki peserta didik. |
id |
IOS7130.1769 |
institution |
Universitas Negeri Jakarta |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id |
institution_id |
257 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UNJ (Universitas Negeri Jakarta) |
library_id |
2392 |
collection |
repository unj |
repository_id |
7130 |
subject_area |
pendidikan education perpustakaan keguruan |
city |
JAKARTA TIMUR |
province |
DKI JAKARTA |
repoId |
IOS7130 |
first_indexed |
2019-07-23T08:41:07Z |
last_indexed |
2019-07-23T08:41:07Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686502318772584448 |
score |
17.538404 |