PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN IPA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Daftar Isi:
- Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa buku pengayaan pengetahuan IPA berjudul “Indra Penglihatan Manusia” berbasis pendekatan kontekstual untuk siswa kelas IV SD. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D). Penelitian menggunakan siswa kelas IV SD sebagai responden. Teknik pengembangan yang digunakan adalah teknik pengembangan model Rowntree. Pengembangan dilakukan melalui tiga tahapan (1) Perencanaan, (2) Persiapan Penulisan, dan (3) Penulisan dan Penyuntingan. Teknik evaluasi yang digunakan adalah expert review dengan tiga ahli, uji coba faceto-face tryouts dan uji coba field trials. Hasil penelitian buku pengayaan IPA berbasis pendekatan kontekstual untuk siswa kelas IV SD yang telah dikembangkan dinilai sangat baik dengan presentase 95.11% pada uji coba field trials. Hasil penelitian pengembangan menunjukan bahwa buku pengayaan IPA berbasis pendekatan kontekstual merupakan produk yang valid dan dapat digunakan sebagai sumber belajar tambahan bagi siswa maupun guru pada pembelajaran IPA materi indra penglihatan manusia.