MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Kenari 07 Jakarta Pusat)

Main Author: Julia Septiyana, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unj.ac.id/1738/1/%281%29%20cover.pdf
http://repository.unj.ac.id/1738/2/%282%29%20halaman%20persetujuan.pdf
http://repository.unj.ac.id/1738/3/%284%29%20lembar%20originalitas.pdf
http://repository.unj.ac.id/1738/4/%286%29%20kata%20pengantar.pdf
http://repository.unj.ac.id/1738/5/%287%29%20daftar%20isi.pdf
http://repository.unj.ac.id/1738/6/%2812%29%20Bab%20I-V.pdf
http://repository.unj.ac.id/1738/
Daftar Isi:
  • Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas IV-A SDN Kenari 07 Jakarta Pusat dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris mengenai keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-A SDN Kenari 07 Jakarta Pusat yang berjumlah 31 siswa, terdiri dari 17 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan menggunakan model Kemmis & Mc.Taggart yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, di mana tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada siklus I, data kuesioner keterampilan sosial siswa mencapai 61,29%, dan pada siklus II meningkat menjardi 83,87%. Hal ini mengalami peningkatan sebesar 22,58%. Data pemantau tindakan guru dan siswa pada siklus I mencapai 75% dan 71,67%. Pada siklus II meningkat menjadi 90% dan 88,33%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas IV-A SDN Kenari 07 Jakarta Pusat.