MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN DENGAN HASIL MAKSIMAL 9 MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU ANGKA MODIFIKATIF PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas III SDLB di SLB B-C Dian Kahuripan)
Main Author: | Dyana Maulidina, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/1703/1/Skripsi%20Dyana%20Maulidina%20%281335142024%29.pdf http://repository.unj.ac.id/1703/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan dengan hasil maksimal 9 melalui penggunaan media kartu angka modifikatif pada siswa tunagrahita ringan kelas III SDLB di SLB B-C Dian Kahuripan dan dilaksanakan pada bulan Agustus 2017 sampai bulan Desember 2017. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Mc Kernan dan dilaksanakan selama dua siklus yang pada setiap siklusnya terdiri dari tujuh tahapan, yaitu tahap analisis situasi, perumusan masalah dan klarifikasi permasalahan, hipotesis tindakan, perencanaan tindakan, penerapan tindakan dan monitoring, evaluasi hasil tindakan, refleksi dan pengambilan keputusan untuk pengembangan selanjutnya. Subjek penelitian adalah dua siswa tunagrahita ringan kelas III SDLB di SLB B-C Dian Kahuripan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berupa lembar instrumen kemampuan penjumlahan bilangan. Penelitian ini menunjukkan bahwa media kartu angka modifikatif berhasil meningkatkan kemampuan penjumlahan dengan hasil maksimal 9 pada siswa tunagrahita ringan