UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERCERITA (Penelitian Tindakan Kelas di TK Sekar Melati, Tapos Depok)
Main Author: | Devian Dwi Saputri, . |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unj.ac.id/1687/1/BAB%201-5.pdf http://repository.unj.ac.id/1687/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian anak usia 5-6 tahun di TK Sekar Melati, Tapos Depok melalui kegiatan bercerita. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus – Oktober 2017. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah siswa kelompok B TK Sekar Melati yang kemandiriannya masih rendah dengan jumlah 7 anak. Presentase keberhasilan yang disepakati peneliti dan kolaborator adalah 75%. Hasil analisis data pada pra penelitian di peroleh sebesar 56%. Setelah diberikan tindakan pada siklus I, presentase meningkat mencapai 74%. Data yang diperoleh pada siklus I belum mencapai target, maka peneliti melakukan tindakan pada siklus II. Presentase yang diperoleh 3 pada siklus II meningkat menjadi 86%. Hal ini berarti dari pra penelitian sampai siklus II memiliki kenaikan 30%. Berdasarkan keberhasilan presentase yang telah diperoleh, maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini terbukti. Adapun temuan secara kualitatif diperoleh bahwa kemandirian anak usia dini dapat meningkat melalui kegiatan bercerita dengan memberikan motivasi pada anak untuk menolong diri sendiri dan bertanggung jawab melakukan segala aktivitasnya tanpa bantuan orang lain. Tindakan lanjut dari penelitian ini adalah menjadikan kegiatan bercerita sebagai alternatif pemecahan masalah dalam upaya meningkatkan kemandirian anak usia 5-6 tahun, khususnya di TK Sekar Melati, Tapos, Depok, Jawa Barat.